Bimbingan Belajar Online, Appskep Indonesia Bantu Lulusan Kesehatan Lolos Uji Kompetensi

- Minggu, 18 Juli 2021 | 19:05 WIB
Yaumil Fajri menciptakan sebuah perusahaan digital bernama Appskep Indonesia. (Anjasman Situmorang)
Yaumil Fajri menciptakan sebuah perusahaan digital bernama Appskep Indonesia. (Anjasman Situmorang)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Profesi kesehatan di Indonesia mewajibkan uji kompetensi sebagai tolak ukur kesiapan lulusan untuk bekerja. Faktanya, angka kegagalan uji kompetensi bagi perawat dan bidan terbilang tinggi di Indonesia, yakni mencapai lebih dari 50 persen.

Hal tersebut yang mendasari Yaumil Fajri menciptakan sebuah perusahaan digital bernama Appskep Indonesia sebagai wadah bimbingan belajar, khususnya perawat dan bidan untuk menaklukkan uji kompetensi.

Baca Juga: Wah! PDF Siapkan Fitur yang Simpel untuk Membantu Belajar Online

"Kami datang dari perusahaan digital, untuk membantu lulusan kesehatan, seperti perawat dan bidan, agar mereka bisa lulus uji kompetensi," kata Fajri.

Dia menjelaskan, ide awal terbentuk dari pengalamannya setelah lulus dari Universitas Andalas tahun 2016 lalu. Saat itu, masih banyak lulusan perawat dan bidan dari kampus lain yang gagal pada uji kompetensi.

Baca Juga: Duh, Depresi Belajar Online, Siswi SMA di Gowa Ini Bunuh Diri

"Saya melihat ini sebagai peluang. Terbersit ide saya waktu itu untuk menghubungkan teman-teman saya yang lulus untuk bantuin teman-teman lain di Indonesia yang gagal agar mereka bisa lulus juga," ujar Fajri.

Meski lulus uji kompetensi, masalah baru muncul di mana para lulusan perawat dan bidan ternyata masih kesulitan untuk mendapat pekerjaan. Hal ini dikarenakan keterbatasan lowongan kerja dan jumlah lulusan yang semakin tinggi. Tak hanya itu, lanjut Fajri, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sebelum pandemi Covid-19 sempat merilis potensi pengangguran perawat dan bidan bisa mencapai 28.000 per tahunnya.

Sementara itu, Indonesia menjadi salah satu negara favorit untuk permintaan tenaga jasa ke luar negeri, seperti Jepang, Arab Saudi, dan Hongkong.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB
X