Parafrase: Pengertian, Tujuan, dan Jenis

- Rabu, 14 September 2022 | 21:17 WIB
ilustrasi parafrase
ilustrasi parafrase

Dalam belajar Bahasa Indonesia, pasti kamu akan bertemu dengan kata parafrase.

Lantas, apa itu parafrase? Parafrase merupakan sebuah istilah yang memiliki arti cara ekspresi tambahan.

Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, parafrasa atau parafrase ini merupakan sebuah pengungkapkan kembali pada suatu tuturan dari sebuah tingkatan maupun bahasa yang beragam.

Sehingga hal itu menjadi turunan lain tanpa mengubah pengertian dari kata aslinya dalam bahasa latin "parapharase" dan bahasa Yunani "Paraphrasein".

Kemudian, melansir Oxford Dictionary, parafrase merupakan suatu cara untuk mengungkapkan apa yang sudah dituliskan dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar kata tersebut menjadi lebih mudah untuk dimengerti.

Baca Juga: Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka: Meniru Gerakan serta Suku Kata 'la', 'li', 'lu', 'le', 'lo'

Selain itu, parafrase juga merupakan penguraian kembali pada suatu tekas dalam bentuk susunan kata lain yang bertujuan untuk menjelaskan makna yang tersembunyi.

Parafrase juga dikenal sebagai sebuah teknik yang bisa digunakan dengan cara lisan maupun tulisan. Cara lisan merupakan proses yang mengungkapkan isi tuturan secara lisan, sementara secara tulisan mengungkapkan isi tuturan secara tertulis.

Parafrase memiliki tujuan yang penting dalam penulisannya sebagai berikut:

1. Untuk menghindari plagiarisme, dimana hal itu merupakan sebuah aktifitas untuk menjiplak dan melanggar hak cipta dan bisa dikategorikan sebagai sebuah tindakan pencurian dan pemalsuan karya orang lain.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X