Mengenal Perbedaan ASN, PNS dan PPPK, Berikut Penjelasan Lengkapnya

- Kamis, 15 September 2022 | 13:32 WIB
Ilustrasi ASN.
Ilustrasi ASN.

Jakarta, HarianHaluan.com -  Banyak yang salah kaprah soal status Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014, status keduanya adalah berbeda. 

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, disebut bahwa ASN terdiri dari PNS dan P3K. Setiap PNS sudah pasti ASN, tetapi setiap ASN belum tentu PNS.  ASN itu ada dua, yaitu PNS yang selama ini dikenal dan yang baru itu PPPK/P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). 

Baca Juga: Pemerintah Buka Rekrutmen 530.028 ASN PPK Nasional di Tahun 2022

Sedangkan, PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Dikutip dali laman resmi BKD Provinsi Sulteng PNS dan PPPK juga memiliki perbedaan dalam masa kerjanya. PNS memiliki masa kerja sampai memasuki masa pensiun, yaitu 58 (lima puluh delapan) tahun bagi Pejabat Administrasi dan 60 (enam puluh) tahun bagi Pejabat Pimpinan Tinggi.

Baca Juga: Waspada Hoaks, Berikut Link Resmi Untuk Cek Calon Penerima BSU dari Pemerintah

Sementara untuk PPPK, masa kerjanya sesuai surat perjanjian yang telah disepakati. Masa hubungan perjanjian kerja bagi PPPK paling singkat 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan berdasarkan penilaian kinerja.

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X