Politeknik ATI Padang Rancang IPAL Mini

- Minggu, 25 Juli 2021 | 19:53 WIB
Dosen Politeknik ATI Padang, Imran Nazar.
Dosen Politeknik ATI Padang, Imran Nazar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politeknik ATI Padang menyajikan Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Mini. Tujuannya dibuat mini karena hanya mampu mengolah limbah dengan jumlah sedikit. Hal ini berbeda dengan industri lainnya yang menghasilkan limbah jumlah banyak.

Dosen Politeknik ATI Padang, Imran Nazar kalau limbah dengan jumlah banyak tentu akan membutuhkan IPAL yang sangat luas. Lalu, bagaimana dengan industri yang menghasilkan IPAL dengan jumlah sedikit tidak relevan antara kegiatan dan produksi.

Baca Juga: Simak! Ini Jadwal Ujian Online Jarvis Mandiri Politeknik ATI Padang

"Untuk itu saya merancang IPAL mini ini untuk menjawab produksi di industri dan laboratorium yang hanya menghasilkan limbah dengan sedikit," katanya.

Untuk cara penyajiannya, Imran memaparkan, alat IPAL mini ini terdiri dari beberapa kolom yang terdiri dari beberapa material berbeda. Kolom pertama diisi dengan arang, kolom kedua dengan bak penampung.

Baca Juga: FLMPI Politeknik ATI Padang Teken MoU dengan PT Exagana Marapi Sertifikasi

"Kolom ketiga ada penyaring yang diisi dengan cangkang langkitang, dan kolom keempat bak penampung yan dilengkapi dengan genjer, eceng gondong dan ikan. Sebagai penyaring terakhir diisi dengan pasir dan batu," jelasnya.

Kegunaan empat kolom ini juga berbeda, kata Imran, pertama untuk oksidator, kedua untuk basah, ketiga untuk asam, dan keemoat untuk reduktor.

"Ini sengaja dipisahkan karena kalau oksidator dan asam digabungkan akan terjadi reaktif atau berinteraksi jika memupuk dengan jumlah banyak," ujarnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB
X