Dekatkan Mahasiswa pada Kegiatan Industri, PNP Teken Kerjasama dengan PT Multi Pembayaran Digital

- Selasa, 27 Juli 2021 | 20:55 WIB
Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan kerja sama dengan PT Multi Pembayaran Digital.
Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan kerja sama dengan PT Multi Pembayaran Digital.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan kerja sama dengan PT Multi Pembayaran Digital, ditandai dengan penandatangan MoU oleh kedua belah pihak yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom, Selasa (27/7/2021).

PT Multi Pembayaran Digital merupakan sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan platform, perangkat dan solusi fintech serta integrator sistem TI yang berbasis di Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Dari PNP, penandatangan MoU itu diwakili langsung oleh Direktur PNP Surfa Yondri dan turut disaksikan oleh Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto dan sejumlah petinggi PNP lainnya. Sedangkan dari PT Multi Pembayaran Digital, juga diwakili oleh Presiden Direktur Wylyem Kromyko Yusdjanur.

Surfa Yondri dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama dengan PT Multi Pembayaran Digital ini merupakan suatu penghormatan dan penghargaan kepada PNP, karena disaat pandemi ini, PNP diberikan kesempatan untuk bisa berkalaborasi dan bekerjasama dengan PT Multi Pembayaran Digital.

"Salah satu yang kita upayakan dalam kerjasama ini adalah, bagaimana proses pembelajaran mahasiswa sangat dekat dengan kegiatan industri, sehingga aktivitas yang dilakukan mahasiswa di kampus, itulah nanti menjadi bekal untuk masuk dunia kerja, karena itulah pengalaman real bagi mahasiswa untuk masuk dunia kerja," kata Surfa Yondri.

Ia berharap, kolaborasi atau kerjasama dengan PT Multi Pembayaran Digital dalam bentuk magang mahasiswa, sharing dan proyek-proyek lain yang tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak, dapat terus disinergikan, apalagi saat ini PNP juga fokus pada Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

"Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, kami di PNP fokus pada magang mahasiswa, sehingga kami terus bersinergi dengan industri," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Surfa Yondri menyampaikan bahwa lulusan angkatan 2019/2020, adalah lulusan yang kurang beruntung, karena sangat kontras dengan adanya PHK besar-besaran di industri akibat pandemi, sehingga kompetisi untuk masuk dunia kerja menjadi sangat tinggi.

"Ini menjadi tantangan bagi lulusan kita, karena alumni kita yang baru tamat harus bersaing dengan para pencari kerja yang telah punya pengalaman di industri kerja, namun mereka dirumahkan dan diberhentikan bekerja dari perusahaan karena dampak pandemi. Jadi, mereka-mereka itu lah yang menjadi kompetitor bagi alumni kita yang fresh graduate," bebernya.

Selain menjadi tantangan bagi lulusan fresh graduate, Surfa Yondri juga menyebut bahwa dampak pandemi Covid-19, juga dirasakan sangat berat bagi civitas akademika PNP, terutama dalam proses belajar dan mengajar yang tidak maksimal.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB
X