Bantu Pelaku Usaha, STP Unand Punya Sejumlah Layanan UKM dan IDEs 

- Rabu, 28 Juli 2021 | 20:57 WIB
Webinar UKM vs IDEs melalui Zoom
Webinar UKM vs IDEs melalui Zoom

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Science Techno Park Universitas Andalas (STP Unand) ikut andil dalam membantu perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun Innovation Driven Enterprises (IDEs). Hal ini diwujudkan dalam beberapa layanan yang diberikan oleh STP Unand kepada pelaku usaha. 

Kepala STP Unand, Eka Candra Lina mengatakan bahwa dunia akademisi juga turut memberi kontribusi dalam pengembangan bisnis UKM dan IDEs melalui sejumlah layanan. Pertama, layanan Kekayaan Intelektual (KI) dan teknis berupa pelatihan. 

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Kian Melonjak di Sumbar, Begini Kata Epidemiolog Unand

STP Unand sudah memfasilitasi UKM di Kota Padang khususnya, dan Sumbar secara umum untuk mendapatkan surat izin PIRT, sertifikasi halal dan paten merek. 

"Kami juga punya unit layanan inkubator bisnis teknologi untuk menginkubasi perusahaan pemula yang mau tumbuh berbasis teknologi. Ini menjadi jawaban bagi pengusaha IDE yang memerlukan banyak sumber daya," jelasnya dalam webinar UKM vs IDEs melalui Zoom, Rabu (28/7/2021). 

Unit layanan lainnya, lanjut Eka, yaitu implementasi teknologi. Beberapa pengusaha yang datang ke STP Unand ada mengeluhkan masalah ide usaha yang banyak pesaingnya. Melalui layanan ini STP Unand mencari riset dosen yang cocok diterapkan pada pelaku usaha tersebut. 

Eka menjelaskan layanan selanjutnya yaitu layanan produksi riset dan inovasi dalam skala terbatas. 

"Saat kita mau sambungkan implementasi teknologi ke pelaku usaha, itu tidak langsung serta merta diberikan. Semua kita uji dulu dalam skala terbatas di rumah produksi yang ada di Unand juga," jelas Eka. 

STP terus mendukung dan membantu pelaku usaha untuk berkembang. Terlebih lagi tak tertutup kemungkinan UKM untuk bertransformasi menjadi IDEs. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB
X