PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka: Pola Gerak Dasar Manipulatif, Gerakan Melempar dan Menangkap Bola

- Senin, 26 September 2022 | 15:18 WIB
Ilustrasi melempar dan menangkap bola dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi melempar dan menangkap bola dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola.

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks ketika satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu.

Bergantung pada banyak faktor (misalnya ukuran objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain).

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan.

Tergantung kepada kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.

Beberapa macam tangkapan, di antaranya: tangkapan dengan satu tangan, dengan dua tangan, tangkapan atas, tangkapan bawah, dan tangkapan samping.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut:

Aktivitas pembelajaran gerakan lemparan dan menangkap bola lambung

Cara melakukannya:

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X