PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka: Pola Gerak Dasar Manipulatif, Gerakan Menendang dan Menahan Bola

- Selasa, 27 September 2022 | 09:25 WIB
Ilustrasi menendang dan menahan bola dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi menendang dan menahan bola dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola.

Siswa mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola.

Menendang adalah suatu pola keterampilan manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul suatu benda.

Tendangan diam (stationary kicking) adalah dasar dari keterampilan menendang lain seperti menendang bola yang sedang bergerak.

Secara umum, jenis-jenis tendangan terhadap bola dapat dikelompokkan ke dalam: tendangan kura-kura kaki, yaitu tendangan dengan bagian atas atau punggung kaki, dan tendangan dengan bagian dalam kaki.

Menendang/mengoper dan menahan bola merupakan gerakan yang ada dalam permainan sepak bola yang tujuannya untuk memasukkan bola ke dalam gawang atau dapat diartikan juga sebagai teknik menendang/mengoper dan menembak bola ke arah gawang lawan.

Siswa diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola.

Siswa juga diminta untuk menyampaikan atau menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola.

Kemudian siswa menyampaikan atau menceritakan pengalaman tersebut dengan teman sekelompoknya. Jika menemukan kesulitan, siswa dapat meminta bantuan guru.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X