Sabar dan Berusaha Maksimal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 18:48 WIB
 H. Candrianto
H. Candrianto

Masa sekarang adalah masa sulit dimana semua orang dilarang untuk keluar rumah dan jika keluar rumah selalu menggunakan masker, membawa handsanitizer dan melakukan cuci tangan dengan air mengalir.

  • Oleh : H. Candrianto, ST.M.Pd.IPM.CSE

(Dosen Politeknik ATI Padang)

HARIANHALUAN.COM - Sementara itu warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka kini diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 Wib dan pengunjung sudah diperbolehkan makan ditempat dengan maksimal waktu 15 menit yang sebelumnya dibungkus dan makan dirumah. 

Bagi pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka hingga pukul 21.00. inilah yang disebut dengan masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Kebijakan ini adalah sangat tepat dalam rangka memutus mata rantai Covid-19, walaupun disana sini banyak masyarakat yang mengeluh namun kita tetap sabar dan selalu berusaha maksimal agar pandemi covid-19 ini cepat berlalu dan hangus dari bumi NKRI ini. 

Penulis sewaktu mendengarkan khutbah Khatib Jum’at di salah satu Masjid di kota Padang ini merasa tertarik dengan sebuah pertanyaan “apakah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai telah memunculkan beragam wacana publik, apakah pandemi Covid 19 ini merupakan salah satu azab dari Allah, atau memang sebuah musibah”.

Pertanyaan besar ini membuat kita tertarik untuk mendengarkan dan membaca tulisan ini. Pandemi Covid-19 adalah musibah. Dalam ajaran Islam musibah adalah bagian dari qadha Allah SWT. Sikap seorang muslim terhadap qadha Allah SWT adalah ridha.

Ridha terhadap qadha adalah mendatangkan banyak kebaikan. Sebaliknya kita dilarang membenci qadha Allah SWT. Oleh karena itu, kita mau tidak mau, suka tidak suka haruslah menghadapinya dengan penuh kesabaran. 

Dalam menghadapi musibah ini disamping sabar kita juga terus berusaha maksimal baik oleh individu, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Segala upaya untuk mencegah infeksi dan penularan wabah ini terus kita lakukan. Prokes 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan menjaga mobilitas) terus kita lakukan. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: H. Candrianto

Terkini

Ekosistem: Definisi dan Komponen Pembentuknya

Rabu, 22 September 2021 | 20:19 WIB

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB
X