Begini Jawaban Nadiem Soal Kapan Sekolah Tatap Muka Dimulai

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 07:53 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Proses pembejaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah online nyaris dua tahun berjalan. Lalu kapan pembelajaran langsung ini bisa dilaksanakan kembali? Sebagai informasi saja, pemerintah akhirnya memutuskan melakukan kebijakan PPKM yang pertama kali berakhir pada 26 Juli. Namun setelah itu diperpanjang sebanyak dua kali hingga saat ini, yakni pada 2 Agustus 2021 dan 9 Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga: 990 KPM Padang Panjang Terima BST dan Beras PPKM

Dikutip dari CNBC Indonesia Economic Update, Kebangkitan Economic Indonesia beberapa waktu lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan aturan pembelajaran tatap muka diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri. Pengaturannya mengedepankan asas kehati-hatian serta kesehatan seluruh pihak yang terlibat.

SKB itu berisi pada tahun ajaran 2021-2022, sekolah diberikan pilihan untuk melakukan Pembejaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas. Dia menambahkan pembelajaran akan berlangsung secara dinamis.

Baca Juga: Pelaku Teror Pemberi Wafer Isi Silet Ditangkap Polisi

"Tapi pembelajaran akan berlangsung secara dinamis dan menyesuaikan risiko kesehatan yang berlangsung, yakni kalau PPKM baik PPKM Mikro atau Darurat harus ada modifikasi. Harus ada perubahan yang terjadi," ungkap Nadiem dikutip Rabu (4/8/2021).

Sebagai contoh, pada kebijakan PPKM darurat sebelumnya ada tujuh provinsi yang harus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ketujuh daerah itu adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Semua daerah tersebut dilarang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas hingga kebijakan berakhir. "Satuan pendidikan di luar tujuh provinsi tersebut bisa memberikan opsi tatap muka terbatas sesuai SKB yang sudah ditentukan," kata Nadiem.

Sementara wilayah di luar yang dilarang melakukan PTM, orang tua punya kewenangan mengizinkan anaknya melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas atau pembelajaran jarak jauh.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB

Ini Keistimewaan Baca Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 09:09 WIB

13 Kabinet Baru UIN IB Padang Dilantik

Kamis, 16 September 2021 | 10:51 WIB

Mengenang Bung Hatta dan Sejarah Koperasi Indonesia

Kamis, 16 September 2021 | 02:01 WIB
X