Untuk Dapatkan Sinyal Internet, Kalangan Pelajar Ini Terpaksa Belajar di Pinggir Sungai

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 01:30 WIB
Belajar di pinggir sungai demi sinyal internet. (Antaranews.com)
Belajar di pinggir sungai demi sinyal internet. (Antaranews.com)

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Masih banyak kalangan pelajar di daerah dan kawasan tertentu, kesulitan menemukan sinyal internet yang sangat dibutuhkan untuk belajar secara daring dimasa pandemi Covid-19 ini.

Diantaranya, seperti yang dialami sejumlah pelajar di Kecamatan Kinal,  Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

"Kondisinya sangat mengkhawatirkan, biasanya dari pukul 07.00 hingga 14.00 WIB selalu ramai pelajar mencari sinyal di tepi sungai dan tepi jalan," kata salah satu masyarakat di Desa Gedung Wani Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur Toherwan, Rabu (4/8/2021).

Ia mengatakan jika hal tersebut terjadi karena sinyal internet di daerah Kinal sulit, bahkan pemerintah setempat telah berupaya dengan salah satu perusahaan operator di Indonesia namun hingga saat ini belum ada kelanjutannya.

Padahal, kata dia, pendidikan merupakan sumber mata air kehidupan dan kecerdasan, melalui pendidikan anak-anak dapat memajukan bangsanya.

Pengusaha asal Kinal Tomi Defantri meminta kepada pemerintah untuk menghadiri atau memenuhi kebutuhan sinyal internet di Kecamatan Kinal agar pelajar di daerah tersebut dapat belajar dari rumah.

"Semoga ada sedikit perhatian dari pemerintah, dan kami sebagai pemuda daerah ini siap mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah jika dibutuhkan untuk segera mewujudkan kehadiran sinyal internet menyeluruh di Kecamatan Kinal," ujarnya, seperti dilansir Antaranews.com.

Menurutnya, sangat menyedihkan melihat pelajar terpaksa ke tepi sungai dan tepi jalan demi mendapatkan sinyal internet, padahal saat ini zaman serba canggih dan teknologi yang sangat maju, ternyata masih ada daerah yang belum bisa merasakannya.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Umum Ikatan Mahasiswa Bengkulu Jabodetabek (IMBJ) Wendy Aprilyanto berharap agar pemerintah pusat dan khususnya emerintah Kabupaten Kaur dapat memperhatikan kondisi pembelajaran daring bagi pelajar yang kesulitan mendapatkan sinyal.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Antaranews.com

Tags

Terkini

Pengertian Lingkungan Hidup dan Cara Menjaganya

Jumat, 24 September 2021 | 19:13 WIB

Keistimewaan Membaca Surah Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 24 September 2021 | 06:56 WIB

Ekosistem: Definisi dan Komponen Pembentuknya

Rabu, 22 September 2021 | 20:19 WIB
X