Mengenal Sumber-sumber Pendapatan Negara Selain Pajak!

- Jumat, 27 Januari 2023 | 17:41 WIB
Mengenal Sumber-sumber Pendapatan Negara Selain Pajak!
Mengenal Sumber-sumber Pendapatan Negara Selain Pajak!

HARIANHALUAN.COM - Jumlah utang negara Indonesia hingga Desember 2022 lalu tercatat Rp7.734 triliun atau dengan rasio terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) 39,57 persen.

Banyak faktor yang menyebabkan negara Indonesia harus berutang, diantaranya Sumber pendapatan negara yang tidak pasti, mempercepat pembangunan dan untuk menutupi defisit negara.

Namun tahukah kamu apa saja Sumber pendapatan negara di Indonesia itu serta bagaimana kamu dapat ikut andil agar utang negara tidak semakin besar?

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11 Pro, HP dengan Kamera 108MP, Yakin Ngga Mau Beli?

Berikut Sumber pendapatan negara menurut APBN yang perlu kamu ketahui:

1. pajak

pajak atau pungutan wajib yang merupakan salah satu Sumber pendapatan negara yang utama dan memiliki sumbangsih terbesar bagi pendapatan negara

Umumnya pajak dikenakan bagi seluruh warga negara yang telah memenuhi persyaratan sebagai wajib pajak maupun badan usaha.

Baca Juga: Hasil Visum Venna Melinda Terbongkar, Ternyata Bagian Ini yang Parah

pajak sendiri dapat dibedakan menjadi dua yakni pajak dalam negeri (pajak Penghasilan/PPh, pajak Pertambahan Nilai/PPN, pajak Bumi dan Bangunan/PBB, Cukai, pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan pajak lainnya) serta pajak perdagangan internasional (Bea Masuk dan Bea Materai).

Nah, melalui pajak inilah kita sebagai individu dapat ikut serta berperan dalam membantu meningkatkan Sumber pendapatan negara

Jadi apabila kamu sudah memenuhi syarat wajib pajak baik atas pajak penghasilan, bumi dan bangunan serta jenis pajak yang lainnya jangan lupa taat dan bayar pajak ya!

Baca Juga: 5 Warung Makan Sate Padang di Jakarta, Harga Terjangkau dan Memiliki Cita Rasa Khas Minang

2. Non pajak 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X