PKPI Jadi PKP dengan Ketua Umum Mantan Komadan Denjaka, Ketua Dewan Pembina Mantan Wapres

- Sabtu, 4 September 2021 | 05:30 WIB
Logo baru Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)/Ist-Remol.id
Logo baru Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)/Ist-Remol.id

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Nama Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI ), berdasarkan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), diubah menjadi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP). Ketua Umum PKP diamanahkan kepada Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien. Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno sebagai Ketua Dewan Pembina.

Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien adalah salah satu mantan Komandan  pasukan khusus Detasemen Jalamangkara atau dikenal dengan nama Denjaka.  Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno adalah salah satu mantan Wakil  Presiden RI.

Sekretaris Jenderal PKP, Said Salahudin menyampaikan, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono digantikan oleh Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien, sebagai Ketua Umum PKP terpilih Periode 2021-2026.

"Pak Yussuf ini bukan orang sembarangan. Beliau adalah salah satu tokoh senior di militer dari matra Angkatan Laut yang sangat disegani. Beliau satu angkatan dengan Pak SBY dan Pak Prabowo," ujar Sekretaris Jenderal PKP, Said Salahudin, seperti dikutip dari Sindonews.com, Jumat (2/9/2021).

 Saat masih aktif di militer, kata Said, Yussuf pernah menjadi komandan pasukan khusus Detasemen Jalamangkara atau dikenal dengan nama Denjaka. Yussuf juga pernah menjadi Asisten Operasi Korps Marinir, Komandan Lantamal V Maluku/Irian Jaya, sampai dengan terakhir menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran TNI AL.

Nama lain yang masuk dalam struktur DPN PKP adalah Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno sebagai Ketua Dewan Pembina. Sutrisno merupakan salah satu Pendiri PKP di tahun 1999 bersama Almarhum Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat.

"Dan kita semua tentu tahu bahwa Pak Try Sutrisno pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ke-6," ujar Said.

Selain itu, Purnawirawan TNI Angkatan Darat yang juga masuk dalam kepengurusan DPN PKP adalah Mayor Jenderal TNI (Purn) Aslizar N. Tanjung yang didapuk sebagai Wakil Ketua Umum. Tanjung dulu dari pasukan elite Kopassus. Pernah pula diangkat sebagai Kapuspen TNI.

Tokoh lainnya, kata Said, adalah Marsekal Muda (Purn) Kusnadi Kardi, mantan petinggi Angkatan Udara, Laksamana Muda (Purn) Rosihan Arsyad, mantan tokoh penting Angkatan Laut, dan ada pula Purnawirawan Jenderal Bintang Dua dari Kepolisian yang pernah memegang jabatan penting di Mabes Polri.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Puan Maharani Desak Pemerintah Naikkan Upah Buruh

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:45 WIB

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X