Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

- Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partisipasi perempuan dalam politik belum menunjukkan peningkatan signifikan. Sederet persoalan ditengarai menjadi faktor penghambat, dari budaya patriarki yang masih intoleran terhadap peran perempuan, sampai minat perempuan itu sendiri yang masih rendah.

Menurut pengakuan salah satu pengurus partai, mengajak perempuan aktif di politik, lebih-lebih menjadi calon wakil rakyat, bukan persoalan mudah. Banyak aktivis perempuan, yang secara kualitas bisa diharapkan, justru enggan diajak masuk politik karena berbagai alasan.

Baca Juga: Pengamat Komunikasi Politik: Pidato Jokowi Secara Tersurat Mendukung AHY

Sebuah studi oleh Women Research Institute tahun 2014 menemukan sejumlah fakta menarik. Riset ini mengungkapkan bahwa sebenarnya sudah banyak masyarakat yang berpendapat kemampuan perempuan setara dengan laki-laki dalam hal politik.

Laporan tersebut memperlihatkan, sebanyak 62% responden setuju bahwa kemampuan perempuan sama dengan laki-laki, bahkan 8% menjawab sangat setuju.

Baca Juga: Fahri Hamzah: Mahalnya Biaya Politik jadi Bumerang Sistem Demokrasi dan Parpol

Hanya 24% yang menyatakan ketidaksetujuan perempuan memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki dalam memimpin di ranah politik. Alasannya beragam, paling tinggi mereka menganggap perempuan tidak cocok menjadi pemimpin (47%) dan lainnya berpendapat agama melarang perempuan menjadi pemimpin (34%).

Akibatnya, partisipasi perempuan Indonesia dalam parlemen masih sangat rendah. Menurut data dari World Bank tahun 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-7 se-Asia Tenggara untuk keterwakilan perempuan di parlemen.

Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat rasio keterwakilan perempuan di parlemen tertinggi pada 2019 dengan 20,52%. Belum mencapai angka minimal 30% agar mereka dapat memperjuangkan kepentingan perempuan di parlemen.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Jangan Asal Nyapres, Wajib Patuhi Hal Ini

Sabtu, 25 September 2021 | 16:25 WIB

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB
X