Survei Elektabilitas, Berikut Nama-nama Capres yang Muncul Bikin Publik Tercengang

- Kamis, 16 September 2021 | 08:12 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Survei elektabilitas masih menjadi patokan bagi media dan publik untuk melihat “kekuatan” seorang politikus yang bisa jadi muncul sebagai calon nama-nama di kontestasi pemilihan umum, terutama Pilpres yang rencananya diselenggarakan pada 2024 nanti.

“Eksistensi lembaga survei selalu menjadi perhatian masyarakat. Bagi banyak masyarakat hasil dari lembaga survei ini adalah informasi menarik dan berwawasan,” kata Wildan Hakim, Dosen Political Public Relations di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia, dalam wawancara dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Survei Menuju 2024: Elektabilitas 4 Partai Melonjak, PDIP Teratas

Sedangkan bagi partai politik, lanjut Wildan, data yang didapatkan melalui penelitian secara komprehensif tersebut bisa menjadi referensi peta kekuatan dari suara tokoh maupun partai politik pengusung secara keseluruhan pada masing-masing dapil.

Oleh karena itu, jauh hari sebelum kontes dimulai, banyak lembaga survei telah melakukan survei elektabilitas yang hasilnya dipublikasikan secara terbuka di media massa. Yang menarik, nama-nama yang muncul hampir serupa di berbagai survei.

Baca Juga: Turunkan 8 Personel, BPBD Survei Penyebab Banjir di Padang

Nama-nama seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, juga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kerap bersaing ketat dalam persentase perebutan popularitas.

Sebagai contoh, Survey & Polling Indonesia (Spin) menyebutkan, tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024 mencapai 21,9% yang kemudian disusul nama-nama lainnya.

“Pak Prabowo juga menempati urutan pertama, diikuti Anies Baswedan dengan 16,1% dan Ganjar Pranowo dengan 15,6%,” ucap Direktur Spin Igor Dirgantara.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Puan Maharani Desak Pemerintah Naikkan Upah Buruh

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:45 WIB

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X