Jangan Asal Nyapres, Wajib Patuhi Hal Ini

- Sabtu, 25 September 2021 | 16:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Panasnya bursa calon presiden saat ini mendapatkan perhatian khusus oleh sejumlah politisi di Tanah Air bahkan Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri menginstruksikan para kadernya agar tutup mulut terkait bursa calon presiden dan wakil presiden 2024.

Hal itu bisa dilihat dalam Instruksi Nomor 3134/IN/DPP/VIII/2021 perihal penegasan komunikasi politik. Instruksi ini ditandatangani Megawati dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada 11 Agustus 2021.

Baca Juga: Survei Elektabilitas, Berikut Nama-nama Capres yang Muncul Bikin Publik Tercengang

Kader partai banteng yang melanggar larangan memberi tanggapan mengenai calon presiden dan calon wakil presiden akan dikenai sanksi.

Kata Hasto, partainya saat ini masih fokus membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Toh, kalau sudah berbicara mengenai politik, itu pun dalam ranah mengikuti seluruh tahapan pileg dan pilpres yang sudah ada. Dimana saat ini, tengah dibahas antara parlemen, pemerintah dan KPU sebagai penyelenggara.

Baca Juga: Netizen Geger! Kaesang Unggah Baliho Tak Mirip Capres

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Sadarestuwati membenarkan terdapat instruksi agar tidak bicara soal capres 2024. Dia menjelaskan Megawati memerintahkan seluruh kader untuk membantu masyarakat di tengah pandemi.

"Betul sekali. Maka kita semua DPC seluruh Indonesia bergerak memberikan bantuan, dapur umum semuanya. Jadi kami diminta fokus untuk tak bicara pilpres apapun karena ini masih jauh," kata Sadarestuwati.

Selain itu, PDIP menyebut instruksi tersebut berlaku hingga waktu yang tak ditentukan. Dengan kata lain, semua kader PDIP dilarang bicara soal capres-cawapres 2024 hingga ada instruksi baru.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X