Naiknya Elektabilitas Puan, Pengamat: Dia Punya Peran Penting

- Sabtu, 25 September 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nama Puan Maharani kembali dipublikasikan lembaga survei, dalam posisi kalah unggul dalam kemungkinan Pemilihan Presiden.

Demikian Lembaga Survei & Polling Indonesia (SPIN) mengungkap hasil elektabilitas sejumlah tokoh jika pemilu presiden diadakan hari ini.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Puan: Jangan Sampai Terulang Lagi!

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan, berdasarkan hasil survei elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi pertama. Diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di peringkat kedua dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di peringkat ketiga.

Sementara, Ketua DPR RI Puan Maharani memperoleh 2,3 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,8 persen, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen.

Baca Juga: Survei Elektabilitas, Berikut Nama-nama Capres yang Muncul Bikin Publik Tercengang

Melihat angka itu, PDIP menanggapi hasil survei capres 2024 bahwa meyakini, jika survei dilakukan beberapa bulan ke depan, elektabilitas Puan akan tinggi.

"Wah, pada saat survei itu dilakukan memang belum ada agenda sosialisasi nama Mbak Puan ke daerah-daerah," kata Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah.

Basarah menyebut, pada periode survei, yakni Maret-Juni 2021, Puan masih sibuk dengan kerja-kerja di DPR dan penanganan COVID-19. Selain itu, kata dia, PDIP belum mendeklarasikan Puan sebagai capres atau cawapres.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X