Menghadapi Pemilu 2024, Direktur TSRC: Edukasi Digital Penting Agar Masyarakat Tak Terjebak Hoaks

- Senin, 27 September 2021 | 17:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Masih tiga tahun lagi, tapi gaung terkait Pemilu 2024 sudah terdengar dari sekarang. Bahkan, berbagai lembaga survei telah rutin merilis survei elektabilitas yang memetakan nama-nama kuat sebagai calon presiden dalam bursa Pilpres nanti.

Nama yang kerap keluar adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo. Yang menarik, Puan Maharani kerap muncul sebagai calon kuat satu-satunya dari kaum perempuan. Bahkan, nama Ketua DPR ini dinilai banyak pengamat politik sebagai calon yang sangat kuat dan potensial.

Baca Juga: Pemilu 2024 Diusulkan Digelar 21 Februari, Ini Pertimbangan KPU

Meskipun dalam survei elektabilitas konvensional nama Puan belum menempati urutan teratas, sepertinya dia justru berhasil mendominasi popularitas di dunia maya.

Berdasarkan rilis Drone Emprit, Puan Maharani masuk di urutan kedua teratas elektabilitas digital. Sungguh mengejutkan! Justru, Prabowo, Anies, dan Ridwan Kamil masuk dalam ke-8, ke-4, dan ke-6. Lagi-lagi, Puan menjadi satu-satunya kandidat perempuan.

Baca Juga: PAN Bertengger Diposisi 5, Jika Pemilu Legislatif Digelar 2021

Hasil survei elektabilitas digital tersebut memperlihatkan betapa penting suara dari dunia maya. Diprediksi, media sosial menjadi faktor penting dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti, bahkan lebih daripada pada Pemilu 2019 lalu.

Pentingnya edukasi digital

Media sosial tampaknya akan memainkan peran penting pada Pemilu 2024. Apalagi, warganet memang telah ramai membicarakannya. Namun, warganet harus selektif dalam memilah informasi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X