Pengamat: Naiknya Elektabilitas AHY Tidak Sebanding dengan Partainya yang Sedang Kisruh

Milna Miana
- Rabu, 29 September 2021 | 10:45 WIB
AHY
AHY

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tidak hanya elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengalami peningkatan, elektabilitas Partai Demokrat pun turut menunjukan hasil positif.

Pasalnya, survei yang dilakukan New Indonesia Research & Consulting menempatkan Partai Demokrat pada posisi tiga besar dengan menggeser Partai Golkar dan berselisih tipis dari Partai Gerindra di urutan kedua.

Baca Juga: Polisi Jaga Lokasi Bersitegang Kubu AHY dan Moeldoko di Tangerang

Survei New Indonesia Research & Consulting dilakukan pada 21 hingga 30 Juli 2021 melalui sambungan telepon kepada 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya, yaitu 2019 dengan margin of error sekira 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, survei yang dilakukan New Indonesia Research & Consulting turut menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mampu mengungguli Puan Maharani dan Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Pengamat Komunikasi Politik: Pidato Jokowi Secara Tersurat Mendukung AHY

"Di tengah perang baliho politisi, elektabilitas Puan Maharani dan Airlangga masih jauh tertinggal, justru AHY yang paling berkibar," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono.

hasil survei New Indonesia Research & Consulting menunjukkan adanya peningkatan elektabilitas tiga politisi, yaitu AHY, Puan Maharani, dan Airlangga Hartarto.

Tren kenaikan elektabilitas AHY telah diketahui sejak dilakukannya survei pada Mei 2021. Awalnya, elektabilitas anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya sekira dua persen.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X