Jangan Anggap Remeh Wanita di Dunia Politik, Mereka Mampu Memberikan Perubahan

Milna Miana
- Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sekarang ini, upaya meningkatkan jumlah perempuan agar bisa duduk di DPR terus dilakukan. Aturan UU Pemilu sudah mengharuskan setiap parpol harus punya calon legislatif 30 persen. Maka, kaum perempuan dan caleg perempuan sendiri yang memang harus kerja keras menggapainya.

Namun, hal itu tidak hanya untuk memenuhi kuota semata, tetapi mereka juga berjuang untuk mempertahankan hak - hak perempuan Indonesia.

Baca Juga: Jamiluddin Ritonga: Awasi Politik Gentong Babi Dilakukan Menteri Jelang Pilpres 2024

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya (Srikandi TP Sriwijaya), Nyimas Aliah. Ia mengatakan jangan pernah menganggap remeh peran perempuan di legislatif atau dalam dunia pekerjaan.

"Masih banyak menganggap remeh padahal sekarang perempuan makin hebat-hebat perempuan sudah bisa jadi Profesor, Doktor dan sebagainya," tuturnya.

Baca Juga: Mahfuz Sidik: Politik Jangan Rusak Prinsip Ummatan Washatan

Namun, dari data Gender Diplomat Indeks (GDI), menurut Nyimas masih banyak terjadi Gap antara kaum laki-laki dan perempuan.

"Di situlah wakil rakyat memperjuangkan, Seperti contohnya dibentuknya perlindungan hukum seperti RUU PKS. Kenapa RUU PKS harus diperjuangkan. RUU ini melindungi perempuan - perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan sebagainya, sementara perlindungannya masih belum maksimal," tutur Nyimas.

Selain itu, Nyimas melanjutkan bahwa perlu adanya akses seluasnya bagi kaum perempuan di semua bidang, misalnya Bagaimana kemudahan perempuan untuk mengakses di bidang politik, Nah itu mereka perjuangkan di undang-undang tentang parpol atau peraturan daerah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Deretan Perempuan Hebat dalam Keluarga Puan Maharani

Minggu, 5 Desember 2021 | 13:30 WIB

Ini Tokoh Wanita yang Layak Masuk Bursa Capres

Senin, 29 November 2021 | 17:55 WIB

5 Peran Penting Puan Maharani di Kancah Politik

Senin, 29 November 2021 | 16:30 WIB
X