Kapolri dan Kabareskrim Diganti Mendadak

Administrator
- Jumat, 16 Januari 2015 | 20:40 WIB

Imparsial, salah satu lembaga swadaya masyarakat, menilai per­gan­tian itu syarat politisasi Presiden Jokowi terhadap Korps Bha­yangkara.

“Pergantian Kabareskrim di tengah kontroversi pergantian Ka­polri menunjukan terjadinya poli­tisasi presiden terhadap institusi Polri,” kata aktivis Imparsial Al Araf saat berbincang Jumat (16/1) yang dilansir detik.com.

Di tengah situasi yang memanas dalam pergantian Kapolri seha­rusnya presiden fokus dalam penyi­kapan pergantian Kapolri. “Dan bukan malah melakukan proses pergantian dijajaran Kedua Mabes Polri,” kata Al Araf.

Menurut dia, lingkaran dalam presiden sepertinya banyak yang memberikan isu dan fitnah yang berakibat posisi jenderal Polri berbintang tiga yang berdarah Mi­­nang­kabau itu, menjadi tumbal dari proses pergantian Kapolri.

“Secara track record Kaba­res­krim memiliki tracrecord yang baik sehingga presiden harusnya justru mempertahankan dan bukan malah menggantinya,” kata Al Araf.

Dinamika politik presiden saat ini melahirkan posisi Polri menjadi politis dan rentan konflik internal. “Situasi ini akan berakibat pada terganggunya kinerja Polri. Semua persoalan yang terjadi di dalam Polri hari ini adalah akibat sikap gamang presiden dan sikap lingkaran di dalam presiden yang terlalu banyak menun­tut kepada presiden,” tu­tupnya.

Beragam spekulasi muncul, salah satunya adalah karena mantan Ka­pol­­da Jabar itu dianggap tidak muluskan jalan Komjen Budi Guna­wan menjadi Kapolri?

Salah seorang perwira di Bares­krim mengatakan, Suhardi seha­rusnya dapat ‘mengamankan’ jalan Komjen Budi Gunawan menu­ju kurs Tri Brata 1 (TB-1). Dia men­con­tohkan saat KPK menjerat Irjen Djoko Susilo karena terlibat korupsi, Kabareskrim Komjen Sutar­man saat itu pasang badan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Deretan Perempuan Hebat dalam Keluarga Puan Maharani

Minggu, 5 Desember 2021 | 13:30 WIB

Ini Tokoh Wanita yang Layak Masuk Bursa Capres

Senin, 29 November 2021 | 17:55 WIB

5 Peran Penting Puan Maharani di Kancah Politik

Senin, 29 November 2021 | 16:30 WIB

DPR Minta Dunia Jangan Lupakan Palestina

Senin, 29 November 2021 | 13:46 WIB
X