Kabinet Kerja Tidak Ada yang Spesial

- Selasa, 27 Januari 2015 | 19:03 WIB

“Secara umum kinerja menteri Jokowi biasa saja. Sebagian besar masih berkum­pul di sekitar titik nol. Artinya Nothing Special,” kata Denny Charter, Direktur Eksekutif Indexpolitica saat memaparkan hasil penelitiannya, Jakarta, Selasa (27/1).

Menurut Denny, penyebabnya karena beberapa pernyataan Menteri Kabinet Kerja cenderung blunder. Diantaranya, Tedjo Edhie selaku Menkopolhukam, terkait pernyataan Tedjo ketika memanas­nya hubungan KPK-Polri. Tedjo malah mengeluarkan pernyataan yang blunder.

“Selain itu, Thahjo Kumolo dan Rini Soemarno. Ketiga menteri itu memeliki sentimen negatif oleh netizen,” ujar Denny.

Meski demikian, kata Denny, ada beberapa kementerian yang menopang pemerintahan Jokowi-JK. Adalah Kemen­terian Kelautan dan Perikanan yang dikomandoi Susi Pudjiastuti dinilai mem­be­rikan citra yang baik buat pemerintahan Jokowi-JK.

Sebab, beberapa kebijakan Susi dinilai kontrovesial oleh publik. Susi menge­luarkan kebijakan untuk menengge­lamkan dan mengebom kapal asing yang mencuri ikan di laut Indonesia. Kebijakan itulah yang dinilai pro dengan rakyat kecil.

“Kebijakan dari Menteri Susi yang kontroversi sepertinya memuaskan Neti­zen seperti ketegasan menegelamkan kapal pencuri ikan. Selanjutnya ada Menteri Desa Marwan Jafar diperingkat kedua yang juga mendapat sentimen cenderung positif oleh Netizen.

Dalam penelitiannya, Indexpolitica mengukur angka kepuasan terhadap peme­rintahan Jokowi -JK dengan menggunakan media sosial. Metode yang digunakan adalah dengan mengcapture semua pem­bicaraan di social.

Setidaknya, Denny meyakini, hasil monitoring dari index­politica ini bisa menjadi second hand opinion terhadap kinerja Kabinet Kerja Jokowi. (h/inl)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X