KPK: Putusan Hakim Ada Keanehan

- Senin, 16 Februari 2015 | 20:10 WIB

“Ternyata jabatan Karo­bin­kar adalah jabatan administrasi golongan eselon IIa, bukan termasuk eselon I,” kata Ha­kim Sarpin, saat memba­ca­kan pu­tu­sannya dalam sidang pra­per­adilan Komjen Budi Guna­wan di PN Jaksel, Senin (16/2).

Selain itu, Hakim juga berpendapat bahwa tidak ada kerugian negara dalam kasus Budi Gunawan, serta tidak termasuk dalam kualifikasi meresahkan dan mendapat perhatian masyarakat saat kasus itu terjadi.

Pasca ketokan palu hakim Sarpin Rizaldi yang memu­tuskan status tersangka Kom­jen Budi Gunawan tidak sah, ratusan orang terus berda­tangan ke KPK. Masyarakat datang untuk memberikan dukungannya ke KPK.

Berbagai atribut dibawa, ibu-ibu membawa sapu dan bebe­rapa topeng seperti to­peng Mega­wati, Surya Paloh dan Budi Guna­wan. Mereka kemudian melakukan aksi menyapu topeng-topeng itu.

Selain itu, massa juga membawa patung buaya warna hitam. Buaya itu disimbolkan sebagai kekuatan yang tengah menggerogoti KPK.

Tak hanya itu saja, beberapa lelaki yang ikut mendukung KPK juga sempat menari kuda lumping. Mereka menari lengkap diiringi dengan alunan musik gamelan.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan bahwa pihaknya menghormati putusan hakim.  “ Kami mempelajari putu­san itu dengan baik dan akan me­ngambil langkah yang ditujukan untuk membangun kehormatan hakim,” ujar Bambang seusai menja­di pembicara dalam Rakernas KSPI di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (16/2/2015).

Namun, Bambang menyebutkan ada beberapa keanehan dalam putu­san itu. Salah satunya pertimbangan hakim terkait jabatan Budi Guna­wan saat menjadi Kepala Biro Pem­binaan dan Karier (Karobinkar) Polri bukan bagian dari penegak hukum. Bambang menegaskan bah­wa personel polisi merupakan pene­gak hukum, apa pun jabatan dan posisinya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Puan Maharani Desak Pemerintah Naikkan Upah Buruh

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:45 WIB

Payung Hukum PPHN Masih Jadi Perdebatan di MPR

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X