Peta Politik PAN Sumbar Berubah

- Minggu, 1 Maret 2015 | 19:09 WIB

Hasil ini diyakini banyak pihak akan berpengaruh terhadap peta perpolitikan PAN di Sumbar yang akan ambil bagian pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak untuk memilih gubernur dan 13 bupati dan walikota tahun 2015 ini. Sosok-sosok yang sebelumnya te­rang-terangan mendukung salah satu kandidat bakal diuntungkan untuk kandidat menang dalam pemilihan dramatis itu.

“Jelas mereka yang sebelumnya mendukung Zulkifli Hasan akan diuntungkan atas hasil Munas terse­but,”tegas pengamat politik UNP, Eka Vidya Putra saat dihubungi Haluan, tadi malam.

Menurut mantan aktivis HMI itu, keuntungan bagi pendukung Zulkifli Hasan ini merupakan salah satu imbas atas sikap partai politik di Indonesia yang selama ini dikenal sentralistik. Kebijakan-kebijakan pusat akan ikut bergeser ke daerah sehingga ber­konsekuensi atas sikap partai di tingkat provinsi maupun kota.

“Sosok-sosok calon gubernur, wakil gubernur dan bupati/wakil serta walikota dan wakilnya yang akan memakai kendaraan PAN, juga akan ikut terkena imbas karena mereka yang memiliki kedekatan dengan Zulkifli atau orang-orang yang ada di lingkaran Zulkifli Hasan akan ikut mendapat keun­tungan,” kata Eka lagi.

Hal senada juga dikatakan oleh pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi. Meskipun  secara lisan, Zulkifli menyatakan akan tetap menjaga konsolidasi yang sudah terjalin di internal hingga ke daerah, namun jika merujuk pada tradisi partai, hal itu tidak akan terjadi.

“Meskipun tidak seekstrim hing­ga memecat kader, namun sikap Zulkifli terhadap pendukung Hatta jelas akan berubah. Diberi jabatan, tapi bukan jabatan berpengaruh. Begitu juga dengan pemilihan calon kepala daerah di tubuh PAN sendiri. Mana yang mendukung Hatta dulu­nya, akan menjadi pertimbangan ter­sendiri bagi DPP nantinya saat pem­berian rekomendasi,” kata Asrinaldi.

Sebelumnya, 16 DPD PAN se-Sumbar sudah mendeklarasikan dukungannya kepada calon Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Namun, dengan terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketum akan membawa perubahan besar terhadap PAN termasuk juga pada pencalonan bupati/walikota dan gubernur yang akan berlangsung.

Asrinaldi sendiri, mengatakan kepada kader PAN di daerah tidak­lah perlu begitu takut dengan kepe­mimpinan Zulkifli Hasan. Zulkifli merupakan sosok yang selama ini melihat kepemimpinan berdasarkan regenerasi dan mengen­depankan otonomi. Artinya, di masa Zulkifli, PAN di Sumbar bisa lebih leluasa mengembangkan diri.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jangan Asal Nyapres, Wajib Patuhi Hal Ini

Sabtu, 25 September 2021 | 16:25 WIB

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB
X