Duo Bali Nine Dieksekusi Mati

- Senin, 2 Maret 2015 | 19:29 WIB

Dia mengakui surat perintah pemindahan tersebut sudah diterbitkan oleh Kejaksaan Agung, Momock memastikan, setelah seluruh koordinasi selesai, maka proses pemindahan dilaksanakan.

Sedangkan terpidana mati kasus narkotika Mary Jane Fiesta Veloso masih menunggu waktu eksekusi. Meskipun Mary Jane mengajukan Peninjauan Kembali, eksekusi mati tidak akan terhalangi dengan upaya hukum terakhir itu.

Informasi waktu untuk mem­bawa Mary Jane, yang merupakan warga Filipina itu ke Nusa­kam­bangan hingga kemarin petang masih belum jelas. Berdasarkan informasi, Mary Jane akan dibawa ke lokasi eksekusi itu pada Selasa ini, 3 Maret 2015.

Asisten Pidana Umum Kejak­saan Tinggi Daerah Istimewa Yogya­karta Tri Subardiman t dita­nyakan soal tim eksekutor dari Kejaksaan, Tri memastikan tim sudah dibentuk. Karena salah satu kewenangan Kejaksaan adalah sebagai tim ekse­kusi putusan pengadilan, otomatis tim harus dibentuk.

Tri menambahkan, untuk pe­min­dahan Mary Jane, terpidana mati karena heroin 2,6 kilogram, tidak harus menunggu perintah dari Kejak­saan Agung. Karena sudah menjadi kewenangan Kejaksaan Negeri.

Dari informasi yang dihimpun Tempo, Kejaksaan Tinggi sudah membentuk tim dalam eksekusi mati Mary Jane. Ada lima orang yang ditunjuk sebagai tim eksekutor. Satu jaksa dari Kejaksaan Tinggi, dua orang jaksa dari Kejaksaan Negeri Sleman, dan dua pengawal.

Dijaga Ketat

Di Nusa Kambangan, duo warga Australia, Andrew Chan dan Suku­maran akan dieksekusi mati oleh regu tembak bersama delapan nara­pidana lainnya. Dari 10 terpidana mati yang akan dieksekusi tersebut, enam orang di antaranya sudah berada di Nusa Kambangan, semen­tara empat lainnya dalam proses pemindahan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jangan Asal Nyapres, Wajib Patuhi Hal Ini

Sabtu, 25 September 2021 | 16:25 WIB

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB
X