243 Puskesmas di Indonesia Rusak Berat

- Jumat, 6 Maret 2015 | 19:13 WIB

Menurut dia, ada 243 Puskesmas yang kon­disinya rusak berat sehingga belum mampu melayani masyarakat. Selain itu masih ada Pus­kesmas yang tidak memiliki fasilitas memadai dan mengalami kerusakan fisik, keterbatasan tenaga kesehatan juga masih ditemui di banyak daerah.

“Ada sekitar 900 Puskesmas atau 10 persen yang tidak mempunyai tenaga kesehatan. Ini menjadi tantangan ke depan, masih perlu perbaikan infra­struktur dan penambahan tenaga medis dalam upaya pemenuhan layanan kesehatan primer,” katanya. Sejak diberlakukannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2014 lalu, lanjut Diah, Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat primer. Guna memperkuat pelayanan kesehatan sektor primer itu, Kementerian Kesehatan terus berupaya mening­katkan infrastruktur Puskesmas.

Saat ini juga sedang digiatkan program Nusan­tara Sehat yaitu dengan mulai membangun kesehatan dari layanan kesehatan primer di wilayah terpencil, perbatasan, dan kepulauan. Sekitar 960 tenaga kesehatan akan dikirim ke 120 Puskesmas yang ada di 44 kabupaten atau kota di wilayah tersebut.

Para tenaga kesehatan ditempatkan sebagai suatu tim yang bekerja untuk mendukung dan me­ning­katkan kualitas dan memperkuat kapasitas layanan kesehatan di Puskesmas di daerah ter­tinggal. (h/dtc)

Editor: Administrator

Terkini

Ini Nama Capres dari PDIP, Puan Dapat Kans Besar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:30 WIB
X