Partai Baru Akan Bermunculan

- Senin, 9 Maret 2015 | 19:10 WIB

“Saya khawatir, dengan wacana bantuan Rp1 triliun dari APBN, maka fenomena kelahiran parpol seperti cen­dawan di musin hujan, layak­nya tahun 1998 lalu akan terulang kembali. Orang akan berlomba-lomba bikin parpol baru,” kata dia saat dihubungi wartawan dari Istana Presiden, Senin (9/3).

Ari yang juga pengajar mata kuliah Humas Politik di Program Sarjana UI itu menjelaskan, diperlukan ba­gi partai politik untuk me­miliki semangat keman­di­rian dan gotong royong dalam menunjukkan eksistensinya. Sehingga dengan adanya se­ma­ngat gotong royong terse­but, partai politik bisa hidup tidak hanya mengandalkan satu dua orang semata.

“Pendanaan mandiri juga mendidik kadernya untuk militan kepada partainya dan mencegah pemusatan ke­kuasaan parpol di tangan kelompok tertentu,” jelasnya.

Bila pemerintah me­ngang­­­garkan setiap partai politik Rp1 triliun per tahun dari APBN, maka diprediksi bakal banyak partai baru yang bermunculan. “Orang akan berlomba-lomba bikin partai baru,” tutup Ari yang juga pengajar Universitas Di­ponegoro itu.

Diketahui sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjah­jo Kumolo menilai perlu adanya wacana pemerintah dalam jangka panjang untuk memikirkan pembiayaan parpol lewat APBN. Namun, hal ini harus mendapat dukungan oleh DPR dan elemen-elemen masyarakat sipil. (h/mdk)

Editor: Administrator

Terkini

Menteri KKP Kunjungi Poltek KP Pariaman

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:56 WIB

Bupati Agam Buka Musrenbang RPJMD 2021-2026

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:42 WIB
X