Reshuffle Kabinet Harus Berbasis Kinerja

Administrator
- Rabu, 6 Mei 2015 | 19:12 WIB

Ronal meggatakan terkait terkait iIsu perombakan atau reshuffle kabinet kembali men­cuat sejak beberapa hari bela­kangan ini. Beberapa nama anggota kabinet kerja disebut-sebut pantas diganti, karena tidak bisa bekerja sama me­ngimplementasikan program Nawacita dan Trisakti Presiden Joko Widodo.

Dari sekian nama anggota kabinet yang pantas diganti, nama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly juga disebut. Tetapi tidak jelas, apa tolok ukur Yasonna harus diganti.

Di luar konteks konflik Partai Golkar dan PPP, Ro­nald kinerja Menkumham Yasonna Laoly lebih baik. Padahal banyak isu-isu hu­kum yang semuanya ber­muara ke Ke­menterian Hu­kum dan HAM.

“Dari sisi legislasi, kata dia, Yasonna sangat gesit dan cepat merampungkan sekitar 20 rancangan undang-undang (RU­U) yang menjadi prioritas ta­hun 2015. “Itu sudah sesuai Nawacita yang dicanangkan Presiden Jokowi,” katanya.

Dari sisi pembenahan lem­baga pemasyarakatan (Lapas), Menkumham sedang mem­benahi itu, terutama soal over kapasitas. Demikian juga soal imigrasi, Menkumham me­lakukan banyak pem­benahan dan perlu diapresiasi.

Jadi itu prestasi Men­kum­ham yang berbasis kinerja dan bukan karena desakan politik,” katanya. Sementara itu, pakar po­litik dari Universitas Jayabaya Jakarta, Lely Arriane me­ngatakan, tidak fair desakan meng­ganti Menkumham ha­nya karena desakan politik.

“Saya pikir jika karena soal Golkar dan PPP maka Men­kumham diganti, itu sangat ti­dak fair. Karena awal per­soalan bukan pada Men­kum­ham, tetapi pada Partai Golkar itu sendiri, di mana Mah­ka­mah Partai Golkar mem­beri­kan pengesahan dan ke­we­nangan kepada kubu Agung Laksono,” katanya.

Lely melihat, desakan agar Yasonna Laoly diganti lebih karena kepentingan Koalisi Merah Putih (KMP) yang ter­ganggu. Mana keputusan yang tidak sejalan dengan keinginan KMP dianggap lawan. “Jadi penilaian terhadap Laoly yang dipenuhi subjektivitas politik itu tidak fair,” katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Deretan Perempuan Hebat dalam Keluarga Puan Maharani

Minggu, 5 Desember 2021 | 13:30 WIB

Ini Tokoh Wanita yang Layak Masuk Bursa Capres

Senin, 29 November 2021 | 17:55 WIB

5 Peran Penting Puan Maharani di Kancah Politik

Senin, 29 November 2021 | 16:30 WIB

DPR Minta Dunia Jangan Lupakan Palestina

Senin, 29 November 2021 | 13:46 WIB
X