Panglima TNI Siap Tempatkan Prajurit di KPK

- Jumat, 8 Mei 2015 | 19:59 WIB

Dikatakan, prajurit TNI yang akan dialih-statuskan itu minimal berpangkat jenderal bintang dua untuk jabatan sekretaris jenderal dan bintang satu untuk jabatan pengawas internal.

“Prajurit TNI yang ber­gabung dengan KPK pasti sudah ‘lepas baju’ atau tidak lagi menjadi anggota TNI,” tambahnya.

Terkait pandangan dan ke­khawatiran beberapa orang terhadap militer yang terlalu masuk dalam wilayah sipil, se­perti masuknya TNI ke KPK, kata Moeldoko, hal itu tak perlu dicemaskan.

“Begini, saya selalu kata­kan bahwa pada jiwa prajurit profesional mengalir tanggung jawab sosial. Itu rumusannya. Jadi kalau hanya masuk di level persoalan sosial, saya masih oke. Tapi jangan coba-coba nanti ada tarikan-tarikan po­litik, itu yang kami tidak mau,” jelasnya.

Tak Ada Masalah

Sementara itu Kapolri Jen­deral Pol Badrodin Haiti me­nilai, tidak ada per­masalahan terkait ditempatkannya pra­jurit TNI bergabung di KPK. Karena posisi yang akan diisi adalah sekjen dan pengawas internal. “Jadi tidak ada ma­salah,” ujar Kapolri.

Bisa Diisi

Sementara itu, Plt Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki mengatakan, ada sejumlah posisi di lembaga antirasuah itu yang bisa diisi perwira tinggi TNI.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Menteri KKP Kunjungi Poltek KP Pariaman

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:56 WIB

Bupati Agam Buka Musrenbang RPJMD 2021-2026

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:42 WIB
X