Pemerintah Akan Kendalikan Harga Sembako

- Minggu, 10 Mei 2015 | 19:11 WIB

Rachmat mengatakan, perpres tersebut merupakan amanah dari Undang-Un­dang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

“Itu amanah undang-un­dang, dimana pemerintah bisa memiliki kewenangan untuk mengendalikan harga bahan pokok di waktu-waktu tertentu, seperti pada saat puasa dan Lebaran, atau pada saat yang penting,” ujar Rachmat.

Rachmat menam­bah­kan, pe­merintah memiliki kewajiban untuk menjaga har­ga barang strategis khu­susnya bahan pokok, dan langkah tersebut se­sung­guhnya juga sudah di­lakukan oleh negara lain seperti Ma­laysia dan Thailand.

Isi Perpres tersebut akan mengatur pengendalian har­ga komoditas pangan utama, dan wewenang pengendalian harga diberikan kepada Men­­teri Perdagangan sesuai amanat yang diatur di Un­dang-Undang Perdagangan Nomor 7 tahun 2014.

Dalam kebijakan ter­se­but, yang akan diatur an­tara lain adalah Menteri Perdagangan (Mendag) di­beri kewenangan mene­tap­kan kebijakan harga ko­mo­ditas pangan utama seperti beras, kedelai, ja­gung, ikan, ayam, telur, serta susu untuk bayi.

Selain itu, Mendag juga diberikan wewenang untuk mengelola stok dan logistik, yang akan mengatur waktu penyimpanan bahan ke­bu­tuhan pokok dan para dis­tributor juga harus ter­daftar dan tidak boleh menyimpan bahan kebutuhan pokok le­bih dari tiga bulan. (h/kcm)

Editor: Administrator

Terkini

Terpopuler

X