Soal OPM, Jokowi Harus Tegas

- Minggu, 26 Juli 2015 | 19:14 WIB

“Perwakilan OPM su­dah lama di Inggris. Ke­napa Inggrismempersilakan me­­reka bikin perwakilan. Ini masalah politik negara lain. Presiden Jokowi harus tanyakan itu ke PM Ca­meron, dan tegaskan soal NKRI,” ujar Zainuddin da­lam keterangannya, Minggu (26/7/2015).

Kalau perlu, menurut Zainuddin, Presiden Jokowi mendesak Cameron untuk menutup kantor perwakilan OPM di negaranya. Dia juga mengatakan, London sudah semestinya memahami, meng­­hormati dan men­du­kung­ kedaulatan NKRI. Me­ne­rima OPM sama de­ngan mengusik kedaulatan NKRI­.

Lebih lanjut Zainuddin menjelaskan, Indonesia ti­dak pernah melakukan pen­jajahan terhadap Papua. Bergabungnya Papua ke dalam NKRI berdasarkan Perjanjian New York 1962 yang diprakarsai Amerika Serikat setelah perjuangan Presiden Soekarno dan para diplomat Indonesia, yang kemudian diperkuat dengan Keputusan PBB tahun 1969.

“Jadi sebenarnya sudah ada legitimasi dari dunia internasional. Namun se­karang ada upaya dari OPM untuk me­mu­tar­balik­kan fakta inter­nasio­nal dengan melakukan in­ter­­nasio­nali­sasi isuPapua,” ucapnya.

Selain itu, politisi PKS ini menganggap penting Jokowi menyinggung soal OPM karena insiden into­leransi di Tolikara yang baru-baru ini terjadi, dan adanya dugaan keterlibatan pihak asing ataupun OPM. Apalagi sebelum insiden penyerangan tersebut, ter­jadi demo OPM di depan KBRI di London pada seki­tar awal Mei lalu. Dan 1 Juli kerap diperingati sebagai HUT OPM.

“Apakah peristiwa-peris­tiwa itu saling berkaitan? Yang jelas kita telah ber­sepakat NKRI harga mati. Karena itu diplomasi mem­perta­hankan kedaulatan NK­RI ini harus kita jaga dan perkuat,” tegas anggota Tim Pengawas Intelijen Komisi I DPR ini.

Perdana Men­teri Ing­gris David Came­ron akan ber­kunjung ke Jakarta pada Se­nin 27 Juli 2015 men­da­tang. Juru Bi­cara Ke­men­lu, Ar­manatha Nasir, me­nga­takan lawatan Came­ron ren­cananya akan membahas pe­ningkatan ker­ja sama eko­nomi Indo­nesia-Inggris. (h/trn)

Editor: Administrator

Terkini

Menteri KKP Kunjungi Poltek KP Pariaman

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:56 WIB

Bupati Agam Buka Musrenbang RPJMD 2021-2026

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:42 WIB
X