Pemerintah Akan Terapkan Program Bela Negara

- Rabu, 14 Oktober 2015 | 19:46 WIB

Dalam diklat Bela Negara yang telah berjalan selama ini di sejumlah Rindam, di antaranya berupa pemberian materi kepemimpinan, nasionalisme, pelatihan disiplin hingga pelatihan jasmani.

Usulan Pengamat

Pengamat pertahanan Universitas Indonesia, Connie Rahakundini Bakrie mendukung rencana Kementerian Pertahanan menggulirkan program bela negara. Menurut Connie, program tersebut dapat menjadi solusi saat Indonesia menerima ancaman pertahanan di tengah terbatasnya jumlah personel TNI.

“Bela negara mutlak diperlukan,” kata Connie,” saat dihubungi, Rabu (14/10/2015).

Ia menjelaskan, sejak bergulirnya reformasi 1998, masyarakat menuntut TNI bekerja profesional. Akan tetapi, profesionalitas itu selalu terkendala oleh kurangnya jumlah prajurit dan tidak meratanya kekuatan alutsista TNI dalam menjaga NKRI. Direktur Eksekutif Institute for Defense and Security Studies itu me­nuturkan, idealnya seorang prajurit TNI menjaga 77 warga Negara Indonesia. Tapi rasio saat ini seorang prajurit harus menjaga lebih dari 500 WNI. Untuk menjaga wilayah NKRI, kata Connie, idealnya seorang prajurit TNI harus menjaga wilayah NKRI 8 meter persegi tetapi rasio saat ini seorang prajurit TNI menjaga wilayah lebih dari 4 kilometer.

“Berarti harus ada komponen cadangan. Sementara Undang-Undang Keamanan Nasional masih diganggu kepentingan politik, mungkin Kemhan mengambil jalan tengah dengan bela negara ini,” ujarnya.

Untuk pelaksanaannya, Connie mengusulkan agar Kemhan membagi program bela negara menjadi dua kategori. Kategori pertama diwajibkan untuk anak usia sekolah dan kategori kedua untuk usia lanjutan yang mengikuti program karena inisiatif pribadi.

Sedangkan latihan militer hanya diberikan untuk peserta bela negara kategori kedua. Untuk kategori ini, Connie menilai pelatihan militer menjadi lumrah karena peserta mengikutinya atas keinginan pribadi.(h/trn)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jangan Asal Nyapres, Wajib Patuhi Hal Ini

Sabtu, 25 September 2021 | 16:25 WIB

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB
X