Pengamat: Cekcok Ibunda Arteria Dahlan dengan Rindu Terlalu Dibesarkan

- Jumat, 26 November 2021 | 13:39 WIB
Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga
Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga menilai kasus-kasus percekcokan antara ibunda anggota DPR Arteria Dahlan, Wasniar Wahab dengan Rindu Anggiat Pasaribu terlalu dibesar-besarkan.

Apalagi Jamil melihat momen "perdamaian" antara Wasniar Wahab dengan Rindu terkesan dipolitisir karena dibawa ke Gedung Parlemen dan diliput wartawan.

Baca Juga: Arteria Dahlan Tegaskan Permasalahan dengan Anggiat Pasaribu Persoalan Pribadi

"Itu kan masalah pribadi antara ibu Wasniar dengan Rindu. Bukan masalah Arteria Dahlan dengan Rindu. Mengapa dibawa ke Gedung Parlemen?," tanya Jamil menjawab pertanyaan Harianhaluan.com, Jumat (26/11/2021).

Semestinya menurut mantan Dekan IISIP Jakarta itu, masalah pribadi itu diselesaikan secara pribadi juga. Tidak perlu membawa-bawa fraksi dan partai, sehingga masalah pribadi terkesan menjadi politis.

Baca Juga: Maki Ibunda Arteria Dahlan, Anggiat Minta Maaf Sampai Pingsan

Apalagi kata Jamil, momen "perdamaian" tersebut, dipublikasikan dengan mengundang wartawan. Padahal hanya terkait dengan permintaan maaf.

"Idealnya tidak perlu dipublikasikan seperti itu. Cukup kedua belah pihak yang hadir untuk menyaksikan peristiwa tersebut. Namanya permintaan maaf harusnya didasari dari keikhlasan. Begitu juga pihak yang memaaafkan idealnya karena iklas," kata pengajar Universitas Esa Unggul itu.

Dengan publikasi yang luar biasa itu, menyebabkan prosesi saling maaf memaafkan menjadi hilang kesakralannya. Hal itu membuat nuansa politik menjadi kuat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Megawati Ulang Tahun, Kader PDIP Berikan Kado Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:45 WIB

PKS Minta Sektor Kelistrikan Jangan Diliberalisasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:15 WIB

42 Desa di Kerinci Bakal Gelar Pilkades Serentak

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:20 WIB
X