IPU ke-143 di Madrid, Puan Bicara Kesetaraan Gender dalam Penyusunan Legislasi

- Jumat, 26 November 2021 | 14:08 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Ketua DPR RI Puan Maharani.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pentingnya reformasi hukum yang responsif gender sebagai upaya mengintegrasikan perspektif gender ke dalam kebijakan dan program pembangunan nasional.

“Indonesia juga telah melakukan review terhadap legislasi nasional untuk memperkuat kerangka hukum dan kebijakan pengarusutamaan gender,” kata Puan pada forum anggota parlemen perempuan dalam Inter Parliamentary Union (IPU) ke-143 di Madrid, Spanyol, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani akan Hadiri Sidang IPU ke-143 di Madrid Spanyol

Pada panel diskusi bertajuk Strategies for gender-responsive law making: its benefits and related challenges itu, Puan mengatakan, kajian yang dilakukan Indonesia itu menciptakan landasan yang kuat untuk mengurangi diskriminasi dan memenuhi hak-hak perempuan.

“Kami telah memasukkan perspektif gender dalam perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kebijakan pembangunan di tingkat nasional dan lokal,” tutur Puan.

Baca Juga: Puan Maharani: Kawin Kontrak Berisiko Tinggi Terjadi Kekerasan Terhadap Perempuan

Puan juga menjelaskan bahwa DPR RI memiliki forum Kaukus Parlemen Perempuan yang terus bekerja untuk mencapai lembaga yang berpihak pada kesetaraan gender dan representatif terhadap perempuan.

"Indonesia menjamin perempuan memiliki hak yang sama dalam politik. Hak perempuan Indonesia untuk berpartisipasi dalam politik dan partai politik dijamin oleh UU tentang Pemilu dan UU Partai Politik,” tegas Puan.

Menurutnya, reformasi hukum yang responsif gender memberikan manfaat dalam bentuk meningkatkan kualitas hidup dan partisipasi perempuan. Setidaknya, kata Puan, hal itu-lah yang terjadi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X