Cegah Masuknya Varian Omicron, Lucy Kurniasari: Tutup Pintu Masuk dari Afrika Selatan

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:25 WIB
 Lucy Kurniasari
Lucy Kurniasari

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi IX DPR RI Lucy Kurniasari meminta pemerintah mengantisipasi varian Omicron masuk Indonesia.

Varian Omicron yang lebih berbahaya dari varian lainnya dan sudah muncul di Afrika Selatan. Penyebarannya pun dinilai lebih cepat dari varian lain.

"Kita harus mengantisipasi varian ini   masuk ke Indonesia. Karena kalau varian itu masuk, peluang gelombang ketiga pandemi Covid-19 akan terjadi di Indonesia," kata politisi Partai Demokrat itu dalam pernyataan tertulisnya kepada media ini, Sabtu (27/11/2021).

Lucy meminta pemerintah harus berani menutup pintu masuk dari Afrika Selatan atau jalur-jalur dari negara tersebut. Upaya itu sebagai antisipasi meminimalkan masuknya varian Omicron ke Indonesia.

Selain itu, Kementerian Kesehatan harus segera mengidentifikasi dampak yang mungkin ditimbulkan bila varian tersebut masuk ke Indonesia. Kesiapan tenaga kesehatan, alat kesehatan, dan rumah sakit harus benar-benar sudah disiapkan sehingga bila hal itu terjadi tidak perlu ada kepanikan lagi.

Kementerian Kesehatan juga perlu segera berkoordinasi dengan WHO terkait varian tersebut. Melalui koordinasi, Kementerian Kesehatan akan mengetahui dampak terburuk dari varian tersebut. Bekal itu akan membuat Kementerian Kesehatan lebih siap menghadapi varian tersebut bila masuk ke Indonesia.

Dia mengimbau masyarakat Indonesia tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal ini akan dapat membantu meminimalkan menyebarnya varian tersebut.

Masyarakat yang belum vaksin, diimbaunya untuk segera mengikuti vaksinasi. Kalau semua anggota masyarakat sudah vaksin, maka dapat menjadi benteng yng kokoh menghadapi varian Omicron. (*)

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X