DPR Minta Dunia Jangan Lupakan Palestina

- Senin, 29 November 2021 | 13:46 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon meminta masing-masing negara tidak melupakan Palestina. Situasi kemanusiaan warga Palestina di wilayah pendudukan dinilai semakin memburuk.

Laporan dari PBB maupun berbagai laporan badan-badan independen menyatakan bahwa Palestina terkena dampak krisis yang berkepanjangan. Meningkatnya ketegangan di Yerusalem Timur, eskalasi ketegangan di Jalur Gaza sejak Mei 2021, dan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung semakin memperparah situasi.

Baca Juga: Bertemu PM Shtayyeh, Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Perjuangan Palestina

“Kami khawatir karena kesibukan masing-masing negara menghadapi berbagai tantangan mendesak seperti perubahan iklim, kemunduran demokrasi, kemiskinan dan sebagainya, kemudian isu Palestina ini menjadi terpinggirkan,” kata Fadli Zon dari Madrid, Spanyol, Minggu (28/11/2021).  

Pada Sidang ke-143 Inter Parliamentary Union (IPU) yang untuk pertama kalinya diselenggarakan secara tatap muka yang dihadiri 179 parlemen nasional dan 13 parlemen regional.

Baca Juga: Banyak Aksi Galang Donasi di RI, Dubes Palestina Mengaku Tak Pernah Terima Bantuan dari LSM Indonesia

BKSAP DPR mengajukan emergency item mengenai situasi kemanusiaan di Palestina. Emergency item yang diusung Indonesia adalah mengenai krisis kemanusiaan di Palestina.

“Dunia berutang pada rakyat Palestina atas kemerdekaan yang direnggut dari mereka. Oleh karena itu dibutuhkan lebih banyak lagi dukungan politis bagi upaya kemerdekaan Palestina,” tambah Fadli.

 Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, pandemi global Covid-19 juga sangat mempengaruhi kondisi Negara Palestina. Secara kumulatif, terdeteksi lebih dari 150 ribu orang tertular virus Covid-19. Anak-anak dan perempuan menjadi kelompok paling rentan. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X