Ini Tokoh Wanita yang Layak Masuk Bursa Capres

- Senin, 29 November 2021 | 17:55 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada beberapa tokoh wanita yang berdasarkan hasil survei disebut layak masuk dalam bursa calon Presiden (capres). Nama-nama tersebut di antaranya Susi Pudjiastuti, Tri Rismaharini, Khofifah Indar Parawansa, Yenny Wahid, serta Puan Maharani. Kelima tokoh wanita tersebut memiliki elektabilitas yang cukup menonjol dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya.

Mungkinkah untuk kedepannya Indonesia bakal kembali memiliki Presiden wanita? Tidak ada yang tahu. Namun, tidak ada salahnya kita kenali lebih dalam terkait profil dari masing-masingnya.

Baca Juga: Teka-teki Sosok Capres dari PDIP AkhirnyaTerjawab, Intip Yuk

1. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. Dia menempati urutan teratas dengan elektabilitas 24,21 persen.

Sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Ada cerita menarik dan inspiratif dari seorang Susi. Bisa dibilang ia merupakan satu-satunya menteri dalam Kabinet Kerja, yang tak pernah mengenyam pendidikan tinggi formal. Sebab, Susi tidak lulus SMA dan hanya memiliki ijazah SMP. Namun, meskipun tidak mengenyam pendidikan tinggi, akan tetapi ia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga: Menelisik Peluang Puan Maharani dan Erick Thohir Jadi Capres 2024

Pasca putus sekolah, Susi pun memutuskan untuk memulai usaha, seperti yang dilakukan oleh orangtua dan sang kakek. Dia kemudian memilih menjadi pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat. Dengan modal Rp750 ribu dari hasil menjual perhiasan, ia pun mulai berbisnis pada 1983 silam.

Bisnis yang dilakukannya bisa disebut sukses, hingga akhirnya pada 1996, Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan yaitu PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X