Deretan Perempuan Hebat dalam Keluarga Puan Maharani

- Minggu, 5 Desember 2021 | 13:30 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Puan Maharani terlahir sebagai keturunan proklamator, yang mana merupakan Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno. Namun, selain dirinya, ada beberapa perempuan hebat lainnya di keluarga Puan Maharani. Salah satunya tentu saja sang ibunda, Megawati Soekarnoputri sampai sang anak, Pinka Hapsari.

Ingin mengenal lebih jauh? Yuk simak profil singkatnya berikut ini:

Megawati Soekarnoputri

Perempuan yang bernama lengkap Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri ini merupakan Presiden Indonesia yang kelima Dia menjabat mulai dari 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004. Megawati juga adalah Presiden perempuan Indonesia pertama dalam sejarah pemerintahan Indonesia.

Megawati sendiri menjadi presiden usai MPR mengadakan Sidang Istimewa pada 2001 silam.

Sidang Istimewa tersebut dilaksanakan dalam rangka menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang membekukan lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar.

Terkait karier politiknya, sosok Bung Karno memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kiprahnya di industri politik. Sejak masih kuliah, Megawati diketahui aktif dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), tepatnya ketika dia berkuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Bandung.

Pada 1986, Megawati masuk ke dunia politik. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua PDI Cabang Jakarta Pusat. Bisa dibilang karier politiknya begitu melesat, sebab tak membutuhkan waktu lama untuknya menjadi anggota DPR yakni hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Selanjutnya pada 1993, tepatnya saat PDI menggelar Kongres Luar Biasa yang diselenggarakan di Surabaya, Megawati terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum PDI.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Megawati Ulang Tahun, Kader PDIP Berikan Kado Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:45 WIB

PKS Minta Sektor Kelistrikan Jangan Diliberalisasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:15 WIB

42 Desa di Kerinci Bakal Gelar Pilkades Serentak

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:20 WIB
X