Banggar DPR RI: Butuh Kesepahaman Utuh untuk Kelola TKDD

- Selasa, 7 Desember 2021 | 01:24 WIB
DIPA dan Buku Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022. (Foto: Setpres)
DIPA dan Buku Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022. (Foto: Setpres)

HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Muhidin Muhammad Said menegaskan, butuh kesepahaman yang utuh antara pemerintah pusan dan daerah untuk mengelola anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Banggar berkomitmen memantau terus pelaksanaan TKDD ini, karena sangat strategis untuk pembangunan daerah.

Muhidin menyampaikan hal tersebut di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (6/12/2021). Banggar menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Sulteng Ma'mur Amin dan para bupati/wali kota se-Sulteng untuk membincang TKDD.

Pertemuan dengan para kepala daerah ini diharapkan mampu membangun kesepahaman antara pusat dan daerah.

"Kami juga punya komitmen untuk terus memantau pelaksanaan TKDD di seluruh Indonesia, agar pelaksanaan TKDD bisa lebih baik dan berkualitas yang akan mampu meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat," terang Muhidin dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan tersebut penting, agar para kepala daerah mengetahui dengan jelas persoalan TKDD sekaligus mencari solusi pengelolaan TKDD.

Sementara itu Ma'mun Amir mengungkapkan Provinsi Sulteng memiliki dilema tersendiri. Satu sisi memiliki potensi ekonomi yang besar, tetapi dana bagi hasil (DBH) yang diterima belum mencerminkan potensinya.

Pertumbuhan ekonomi Sulteng mencapai 10,21 persen atau lebih tinggi dari nasional, tetapi angka kemiskinan dan penganggurannya tinggi. Di sinilah pusat harus memberikan kewenangan lebih besar bagi daerah dalam mengelola potensi ekonomi yang dimilikinya. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: dpr.go.id

Tags

Terkini

Megawati Ulang Tahun, Kader PDIP Berikan Kado Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:45 WIB

PKS Minta Sektor Kelistrikan Jangan Diliberalisasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:15 WIB

42 Desa di Kerinci Bakal Gelar Pilkades Serentak

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:20 WIB
X