3 Calon Terkuat Capres dan Wapres, Prabowo dan Puan Posisi Berapa?

- Rabu, 8 Desember 2021 | 06:30 WIB
Prabowo - Puan Maharani
Prabowo - Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak lembaga survei sudah ramai - ramai membicarakan Calon Presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (wapres) untuk tahun 2024. Sebut saja, Prabowo, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Namun, terdapat tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden terkuat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Waduh! karena Dipecat, Eks Kader Gugat Prabowo Rp 510 M

Prabowo Subianto menempati posisi terkuat jika maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi kedua.

"Prabowo paling kuat ketika berpasangan dengan Puan Maharani, Ganjar dengan Ridwan Kamil dan Anies Baswedan berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono.

Baca Juga: Pilpres 2024, Mungkinkah Pasangan Prabowo-Puan Maharani Benar Terjadi?

New Indonesia Research & Consulting melakukan simulasi dengan memasangkan tiga capres terkuat yakni Ganjar, Prabowo dan Anies Baswedan. Ketiganya berpasangan dengan enam nama yang memiliki peluang kuat maju sebagai calon wakil presiden. Keenam nama tersebut yakni Puan Maharani, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, Erick Thohir dan Airlangga Hartarto.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan mendapat dukungan terbesar 50,3 persen dibandingkan jika berpasangan dengan nama-nama yang lain. Pasangan kuat lainnya ialah Ganjar-Ridwan Kamil 45,4 persen dan Anies-Agus Harimurti Yudhoyono 34,3 persen.

Menurut Andreas, pasangan Prabowo-Puan merepresentasikan poros koalisi dua partai politik besar yaitu PDIP dan Gerindra. Adapun, Anies-AHY berpeluang didukung oleh poros NasDem yang dikomandoi oleh Surya Paloh.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Megawati Ulang Tahun, Kader PDIP Berikan Kado Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:45 WIB

PKS Minta Sektor Kelistrikan Jangan Diliberalisasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:15 WIB

42 Desa di Kerinci Bakal Gelar Pilkades Serentak

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:20 WIB
X