Survei Catat 3 Nama Capres Terkuat 2024, Prabowo Teratas Disusul Ganjar dan Anies

- Senin, 13 Desember 2021 | 09:30 WIB
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei calon presiden yang berpotensi dalam pemilihan presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang. Dari hasil yang dilakukan lembaga tersebut, ada tiga nama kuat calon presiden yang menonjol.

Ketiganya, yakni Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Meski begitu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyoroti persaingan angka elektabilitas antara Prabowo Subianto di urutan pertama dan Ganjar Pranowo yang berada di urutan kedua.

Baca Juga: Nama Tak Punya Huruf O, Zulkifli Hasan Tak Mau Jadi Capres

Dalam hasil survei berjudul "Kinerja Presiden, Pemulihan Ekonomi Pasca-Pandemi dan Peta Elektoral Terkini", Prabowo Subianto memiliki elektabilitas 23,7 persen. Kemudian Ganjar Pranowo di angkar 20,9 persen, sedangkan Anies Baswedan 15,1 persen.

Dalam kesimpulan awalnya, Burhadnuddin menyatakan, ada potensi pemilih Jokowi yang lari ke Ganjar Pranowo.

Baca Juga: 3 Calon Terkuat Capres dan Wapres, Prabowo dan Puan Posisi Berapa?

"Pemilih Pak Jokowi lari ke Ganjar. Ganjar nomor dua. Selisihnya tak jauh dengan Pak Prabowo, Anies ketiga," ujar Burhanuddin seperti dikutip dari Suara.com pada Senin (13/12/2021).

Namun begitu, Burhanuddin mengemukakan, nama Prabowo Subianto hingga saat ini masih konsisten di urutan paling atas dalam survei yang dilakukannya.

"Jadi survei rutin yang kami gelar menemukan pola di mana Pak Prabowo masih di peringkat pertama, tetapi tidak signifikan terutama dibanding elektabilitas Ganjar Pranowo," katanya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X