Survei KedaiKOPI: Elektabilitas Sandiaga Uno Dampingi Anies Tertinggi

- Minggu, 19 Desember 2021 | 21:45 WIB
Partai Gerindra seakan tersentak dengan manuver Sandiaga Uno, dengan alasan Prabowo masih Capres dari parpol ini (dok, bisnis24)
Partai Gerindra seakan tersentak dengan manuver Sandiaga Uno, dengan alasan Prabowo masih Capres dari parpol ini (dok, bisnis24)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mencuat sebagai tertinggi dalam survei elektabilitas calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

Hal itu terungkap dalam hasil survei Lembaga KedaiKOPI, seperti dikutip dari iNews.id, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga: Duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024, Begini Respon Gerindra

KedaiKOPI membuat simulasi tiga nama calon presiden di Pemilu 2024 berdasarkan perolehan suara tertinggi, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Lalu, KedaiKOPI mensimulasikan figur calon wakil presiden yang dipilih responden untuk dipasangkan dengan ketiga nama capres tadi. Hasilnya, nama Sandiaga Uno selalu tertinggi dalam tiga simulasi tersebut.

Baca Juga: Poligov: Elektabilitas Prabowo Masih Teratas, Tapi Rawan Disalip Ganjar dan Anies

Pertama, jika calon presidennya adalah Ganjar Pranowo, maka Sandiaga Uno yang dinilai cocok mendampingi Gubernur Jawa Tengah itu. Elektabilitas Sandi sebagai cawapres Ganjar sebesar 47,8 persen.

Kemudian di urutan kedua bertengger nama Erick Thohir yang dinilai layak menjadi cawapres Ganjar. Angkanya sebesar 17,5 persen. Kemudian ada pula nama Puan Maharani yang dinilai cocok sebagai cawapres Ganjar dengan perolehan suara 15,8 persen.

Kedua, jika calon presidennya adalah Prabowo Subianto, maka Sandiaga Uno yang dinilai cocok mendampingi Ketua Umum Gerindra itu. Elektabilitas Sandi sebagai cawapres Prabowo sebesar 67,0 persen.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Terkini

X