Dampak Covid-19, Bawaslu Non Aktifkan Sementara Panwas Pemilu Tingkat Kecamatan dan Nagari

- Selasa, 7 April 2020 | 18:17 WIB

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 73 panitia pengawas (Panwas) Adhoc ditingkat kecamatan dan nagari di Kabupaten Pasaman terpaksa diberhentikan sementara, menyusul ditundanya pelaksanaan Pilkada 2020, imbas dari mewabahnya Virus Corona (Covid-19). 

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengatakan, penonaktifan sementara panitia pengawas adhoc dalam mengawasi Pilkada 2020, terhitung sejak 31 Maret. Panwas yang dinonaktifkan tersebut mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan Keluharan/desa. 

"Ada 36 Panwascam dan 37 Panwas Kelurahan/Desa ditambah tenaga kesekretariatan di kecamatan harus dinon aktifkan sementara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman. Secara kelembagaan mereka masih pengawas pemilu," kata Rini Juita kepada harianhaluan.com, Selasa (7/4).

Langkah tersebut diambil menindaklanjuti surat Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dengan nomor :052/k.Bawaslu.Prov-SB/TU.00.01 perihal pemberhentian sementara Panwascam, Panwas Kelurahan/Desa, maupun tenaga Sekretariat. 

Kemudian juga didasari oleh Surat Edaran (SE) Bawaslu RI nomor: 0255/K.Bawaslu/TU.00.01/III/2020. Selain itu, Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan juga dinonaktifkan sementara.

"Selama masa pemberhentian sementara Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa, mereka tidak diberikan honorarium. Panwascam dan PKD hanya menerima honorarium sampai bulan Maret saja," katanya. 

Namun beban biaya operasional yaitu sewa gedung atau kantor, sewa meubel, sewa peralatan perkantoran, Iangganan daya dan jasa dapat tetap dibayarkan.

"Kita sama sama berharap musibah ini cepat selesai sehingga jajaran pengawas untuk Pilkada 2020 bisa aktif kembali dan menjalankan tugas dan fungsinya pengawasan,” tuturnya.

Munculnya wabah Covid-19 membuat beberapa tahapan Pilkada 2020 tertunda. Kerja-kerja pengawasan pun menjadi terhambat, sehingga membuat pengawas pemilu yang berstatus Ad Hoc harus dinonaktifkan terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jangan Asal Nyapres, Wajib Patuhi Hal Ini

Sabtu, 25 September 2021 | 16:25 WIB

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB
X