DPRD Padang Minta Pemko Libatkan RT/RW Tanggulangi Covid-19

- Senin, 13 April 2020 | 17:21 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi I DPRD Kota Padang mengunjungi Kecamatan Padang Timur, sebagai kecamatan yang memiliki pasien covid-19 terbanyak di Kota Padang dengan jumlah 13 orang.

Wakil DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen Senin (13/4) mengatakan, kunjungan DPRD merupakan bahagian dari komitmen dalam mendukung program pemerintah untuk penghentian penyebaran virus covid-19 ini.

“Sesuai instruksi presiden, kami telah melakukan penyusunan anggaran yang bertujuan mendukung pemerintah dalam hal memerangi Covid-19,” ucapnya.

Ia mengimbau, pemerintah harus mengelola manajemen bencana untuk dapat dihadapi dan dicarikan solusinya. “Covid-19 ini mengancam perekonomian dan sosial yang ada, di tengah-tengah masyarakat. Contohnya, pencurian yang terjadi di dua sekolah secara bersamaan. Untuk itu, harus mawas diri dan bekerja sama dalam memerangi covid ini,” ucapnya.

Ketua Komisi I  DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti  menekankan, harus dilakukan dengan aksi nyata. Tidak hanya tugas camat semata, tetapi camat harus melibatkan RT/RW dalam membubarkan kerumunan yang dilakukan warga.

“Hasil yang diinginkan tidak akan tercapai, jika tidak ada sosial kontrol dari pemerintah. Sebagai contoh, imbauan-imbauan yang dilakukan tidak mengena bagi masyarakat yang tinggal di perbatasan kecamatan. Jadi, harus ada implementasi nyata dengan melibatkan RT/RW, dan imbauan walikota harus dicetak banyak-banyak untuk ditempel di pusat-pusat berkumpulnya masyarakat,” tegasnya.(*)

Editor: Administrator

Terkini

Menteri KKP Kunjungi Poltek KP Pariaman

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:56 WIB

Bupati Agam Buka Musrenbang RPJMD 2021-2026

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:42 WIB
X