Muhaimin Ajak Anies Gabung ke PKB, Jamiluddin Ritonga: Saling Untung

- Rabu, 5 Januari 2022 | 10:13 WIB
M Jamiluddin Ritonga
M Jamiluddin Ritonga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritonga menilai ajakan A Muhaimin Iskandar kepada Anies Baswedan masuk ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapat menguntungkan kedua belah pihak.

"PKB akan dinilai partai yang terbuka bagi calon-calon pemimpin potensial. Anies sebagai salah satu pemimpin potensial diharapkan akan mampu meningkatkan popularitas dan elektabilitas PKB," kata Jamil kepada media ini, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Tiga Kandidat Gubernur DKI jika Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

PKB kata Jamil, juga dinilai partai yang lebih terbuka. Setidaknya PKB akan dinilai lebih mengakomodir calon pemimpin di luar warga nadiyin.

Kalau persepsi itu terbentuk, maka warga di luar nadiyin berpeluang masuk PKB. Hal ini dapat menambah gemuknya warga yang simpati dan masuk PKB.

Baca Juga: Jamiluddin Ritonga: Jangan Vonis Anies dengan Logika Sesat

"Bagi Anies, bila masuk PKB tentu akan mendapat dukungan yang lebih besar dari warga nadiyin. Hal ini akan meningkatkan elektabilitasnya," jelas Jamil.

Selain itu, persepsi negatif terhadap Anies yang seolah-olah hanya didukung Islam garis keras akan hilang. Persepsi yang diciptakan lawan-lawan politik Anies tersebut dengan sendirinya akan gugur.

Anies juga akan punya kenderaan politik bila masuk PKB. Hal itu akan memuluskannya ikut Pilpres 2024.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

PKS Minta Sektor Kelistrikan Jangan Diliberalisasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:15 WIB

42 Desa di Kerinci Bakal Gelar Pilkades Serentak

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:20 WIB
X