Fahri Hamzah: Kualitas Demokrasi Menurun di Era Pemerintahan Jokowi 

- Kamis, 6 Januari 2022 | 18:16 WIB
Politikus Partai Gelora, Fahri Hamzah.
Politikus Partai Gelora, Fahri Hamzah.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah menilai kualitas indeks demokrasi di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami penurunan. 

Baca Juga: Partai Gelora Usulkan Pileg dan Pilpres Dipisahkan

"Hal ini diakui sendiri oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta beberapa waktu lalu," ungkap Fahri Hamzah dalam Gelora Talk bertajuk 'Menakar Reformasi Sistem Politik Indonesia, Apakah Mungkin Jadi Gelombang?', Rabu (5/1/2022) petang. 

Penurunan citra rasa demokrasi di Indonesia, menurut Fahri, tidak hanya menjadi kegelisahan Presiden Jokowi saja, tetapi juga sudah menjadi kegalauan kolektif seluruh anak bangsa. 

Baca Juga: Fahri Hamzah Sentil Giring: Habis Nyerang Jangan Kabur, Apalagi Sembunyi

"Apa sebenarnya yang terjadi sekarang, kenapa kita sampai pada kesimpulan mengeluhkan sistem demokrasi sekarang. Karena kerja mereka hanya mengexchange kekuasaan. Ide-idenya sudah mulai hilang, hanya gincu dan pelengkap saja," katanya. 

Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019 ini menilai para politisi sekarang sepertinya juga tidak mengerti apa itu demokrasi, meskipun sering berbicara keras, tetapi tidak mengerti apa yang dibicarakannya. 

"Makanya anggota DPR dan pimpinan DPR itu dianggap tidak layak masuk kampus, karena dianggap mengancam pejabat kampus yang memiliki sistem proteksi terhadap kebebasan berpikir," ujarnya. 

Baca Juga: Begini Respons Demokrat Usai Fahri Hamzah Sebut Oposisi Lemah  

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Minta Sektor Kelistrikan Jangan Diliberalisasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:15 WIB

42 Desa di Kerinci Bakal Gelar Pilkades Serentak

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:20 WIB
X