Mulyanto: Kebijakan Pemerintah Soal BBM Makin Tak Jelas

- Jumat, 7 Januari 2022 | 18:50 WIB
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari Fraksi PKS Mulyanto
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari Fraksi PKS Mulyanto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai kebijakan pemerintah tentang penyediaan, pendistribusian dan  harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagaimana diatur Perpres 117/2021 semakin tidak jelas.

Baca Juga: Mulyanto Minta Penggabungan Lembaga Penelitian Dimoratorium

Dia milihat di dalam perpres tersebut pemerintah terkesan ingin membuat BBM jenis baru campuran premium dan pertalite. BBM jenis baru ini tetap mendapat kompensasi pemerintah.

"Saya mempertanyakan wacana ini, karena semakin tidak jelas. Sebab Pertalite itu BBM umum yang tidak diawasi. Sementara Premium ini adalah BBM khusus penugasan. Nah BBM jenis baru itu jenis kelaminnya apa?. BBM umum atau khusus penugasan?" kata Mulyanto kepada media ini, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Pemerintah Larang Ekspor Batu Bara,  Mulyanto: Jangan Sekedar Gertak Sambal

Dalam Perpres BBM juga tidak disebutkan secara  jelas berapa volume alokasi Premium. Pada Pasal 21B ayat (1) hanya tertulis, "Dalam rangka mendukung energi bersih dan ramah lingkungan, jenis Bensin (Gasoline) RON 88 yang merupakan 50% (lima puluh persen) dari volume jenis Bensin (Gasoline) RON 90 yang disediakan dan didistribusikan oleh badan usaha penerima penugasan diberlakukan sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan sejak 1 Juni 2021 sampai dengan ditetapkan oleh menteri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (4)”.

Mulyanto minta pemerintah untuk memperjelas soal ini. Pemerintah jangan membuat aturan yang multitafsir karena berpotensi melanggar hukum.

Baca Juga: Mulyanto: Pemerintah Harus Turunkan Harga Pertalite Jika Premium Dihapus

Perpres Nomor 117 tahun 2021 terkesan hanya sebagai pemanis ucapan saja. Karena semuanya masih bersifat global dan menyerahkan kebijakan definitifnya kepada Menteri ESDM.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prabowo Maju Pilpres 2024, Jokowi: Ya Silahkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:11 WIB
X