LaNyalla: Pemerintah Perlu Siapkan Strategi Tumbuhkan Pengusaha Muda

- Kamis, 27 Januari 2022 | 21:31 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti prihatin dengan minimnya anak muda yang menjadi pengusaha. Karena itu, dia mendorong anak muda memulai usaha dan menyiapkan diri menjadi pengusaha.

"Pemerintah perlu menyiapkan strategi yang tepat untuk menumbuhkan minat anak muda menjadi pengusaha. Jiwa kewirausahaan harus ditumbuhkan sejak usia dini. Sampai saat ini minat anak muda menjadi pengusaha masih minim. Padahal generasi muda dengan semangat tingginya berpotensi besar menjadi pelaku usaha baru yang pada gilirannya membuka lapangan kerja baru,” ujar LaNyalla, Kamis (27/1/2022).

Berdasar data dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI),  hanya 3% anak muda/mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha. Sementara 83% mahasiswa ingin menjadi karyawan, 14% berkeinginan menjadi politisi dan bekerja di LSM.

Baca Juga: LaNyalla Tegaskan Kunjungannya ke Kerajaan Bukan Cari Gelar

"Memang masih banyak orangtua yang menanamkan pemikiran agar anaknya mencari kerja atau menjadi PNS setelah selesai sekolah. Persepsi seperti ini harus mulai diubah," jelasnya.

LaNyalla mengatakan, perspektif menjadi pejabat atau PNS itu kayasebenarnya tidak relevan. Apalagi fenomena kasus hukum yang menjerat banyak pejabat maupun PNS.

"Ya, beberapa kasus korupsi yang dilakukan para pejabat mengindikasikan bahwa pejabat menjadi kaya karena
penyalahgunaan wewenang," ucap dia.

Namun ditegaskannya, menjadi pengusaha memang tidaklahmudah. Selain harus memiliki modal, calon pengusaha harus memilikiberbagai pengetahuan, bermental baja, totalitas, pantang menyerah jika gagal dan siap menerima masukan.

"Lebih utama lagi, anak-anak mudatersebut harus berani menerima tantangan, memiliki passionbahkan keinginan yang harus kuat. Kita yakin kalau hal itu bisa ditanamkan, profesi pengusaha akan tumbuh lebih besar lagi," tukasnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X