Jamiluddin Ritonga Pertanyakan Hasil Survei Anies Tak Dipilih Warga NU

- Jumat, 28 Januari 2022 | 14:56 WIB
Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga
Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga mempertanyakan hasil survei yang menyatakan Anies Baswedan tidak dipilih warga NU sebagai calon presiden (capres) 2024. Warga NU disebutkan lebih memilih Prabowo Subianto, Erich Thohir, dan Ganjar Pranowo.

"Hasil survei tersebut diragukan karena selama ini Anies tidak ada masalah dengan warga NU. Bahkan NU di Jakarta punya hubungan baik dengan Anies," kata Jamil kepada Harianhaluan.com, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Jamiluddin Ritonga: Mega Takkan Restui Duet Prabowo-Jokowi

Dia mencontohkan, naru-baru ini Anies ke Malang dan bertemu dengan tokoh NU Jawa Timur. Ini artinya Anies punya hubungan baik dengan NU di Jawa Timur yang merupakan basis terbesar NU.

Hal yang sama juga terlihat ketika Anies berkunjung ke Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Anies terlihat tidak pernah bermasalah dengan warga NU.

Baca Juga: Duet Prabowo-Jokowi, Jamiluddin Ritonga: Kerdilkan Potensi Anak Bangsa

"Jadi, kalau Anies sama sekali tidak dipilih warga NU untuk capres 2024, ada kemungkinan kesalahan pada prosedur survei yang digunakan," kata Jamil.

Prosedur yang dimaksud Jamil, berupa pertanyaan (instrumen) yang digunakan dan cara memperoleh sampelnya.

Kuesionernya bisa saja tidak reliabel sehingga tidak mengukur apa yang mau diukur. Kuesioner seperti ini dengan sendirinya menghasilkan survei yang bias.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X