Pandangan Umum, Fraksi DPRD Dharmasraya Soroti Kinerja Pemerintah Daerah

- Selasa, 8 Juni 2021 | 18:16 WIB

GUNUNG MEDAN, HARIANHALUAN.COM - Fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyorot sejumlah kinerja pemerintah daerah setempat terkait pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di daerah itu.

Hal itu terungkap dalam pandangan umum fraksi DPRD terkait Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Selasa (08/06).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Dalam kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Utama Sekretariat DPRD setempat itu, Fraksi Gotong Royong sebagaimana disampaikan juru bicara fraksi tersebut, Defrino, mempertanyakan tentang penggunaan anggaran untuk penanganan penyebaran pandemi COVID-19 di daerah itu.

"Kami memahami setiap daerah diwajibkan untuk mengalokasikan anggaran untuk penanganan wabah pandemi, namun kami meminta penjelasan terkait pemanfaatannya karena pasti ada mata anggaran yang tidak terserap maksimal," sebutnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sementara itu, Fraksi Partai Amanat Nasional menyoroti tentang belum maksimalnya pemanfaatan potensi dan kekayaan negara di daerah itu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

"Kami juga meminta penjelasan tentang rendahnya realisasi pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan-P2 pada 2020," tambahnya.

Selain itu, maraknya penambangan bahan galian tanpa izin juga menjadi perhatian pihaknya, karena dinilai dapat merusak lingkungan.

Mendengar sejumlah pandangan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi, Wakil Bupati Dasril Panin DT Labuan mengapresiasi positif poin yang disampaikan tersebut.

Menurutnya, ini menandakan DPRD memiliki semangat yang sama dengan Pemerintah Daerah untuk kemajuan Kabupaten Dharmasraya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB

Puan Maharani Dinilai Berhasil Pimpin DPR

Senin, 30 Agustus 2021 | 22:34 WIB
X